Sukses

Lifestyle

4 Hobi yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Pikiran, dan Jiwa

Fimela.com, Jakarta Sedang mencari hobi baru untuk mengisi waktu luang? Atau sedang mencari kegiatan yang bisa sekalian menjaga kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwamu? Sebenarnya ada banyak kegiatan atau aktivitas yang bisa dipilih.

Melakukan hobi bisa memberi banyak manfaat untuk diri kita. Beberapa hobi secara khusus bisa bantu melepas stres, meningkatkan daya konsentrasi, bahkan bisa meningkatkan kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa. Berikut ini empat hobi yang bisa dipilih yang bagus untuk kondisi fisik dan mental kita.

1. Mendaki

Jika menyukai kegiatan di luar ruangan, bisa coba aktivitas mendaki. Tak harus mendaki gunung tinggi. Sekadar menikmati udara segar di bukit terdekat bisa sangat baik untuk kesehatan kita. Melansir laman life.laserway.com, mendaki meningkatkan stamina fisik dan kondisi otot-otot inti tubuh kita. Bonusnya, mendaki juga bisa melepas stres.

2. Menjadi Sukarelawan

Menjadi sukarelawan bisa meningkatkan partisipasi kita dengan masyarakat sekitar. Menurut laporan Harvard Health Blog, orang yang memberikan waktunya untuk orang lain akan mendapat kesehatan fisik yang lebih sehat. Termasuk tekanan darah rendah dan peluang usia yang lebih panjang. Menjadi sukarelawan atau terlibat dalam aktivitas sukarela bisa jadi hobi yang memberi dampak positif luar biasa untuk kondisi kesehatan kita.

 

3. Memasak

Nah, hobi yang satu ini juga sangat bermanfaat. Untuk para pemula sekali pun, memasak bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Tak hanya meningkatkan kemampuan memasak tapi juga membuat kita makin bersemangat untuk memiliki pola makan yang lebih sehat.

4. Belajar Bahasa Baru

Ingin mencoba sesuatu yang baru? Yuk, coba belajar bahasa asing. Mempelajari bahasa baru bisa mencegah kita mengalami penurunan kognitif di usia tua. Menurut laporan Atlantic, orang-orang yang belajar bahasa kedua, bahkan setelah dewasa berpeluang besar terhindar dari penurunan kognitif di usia lebih lanjut. Mempelajari bahasa baru akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mencoba hobi baru? Saat sedang jenuh dengan rutinitas atau aktivitas yang monoton, menekuni hobi baru akan menjadi jalan keluar terbaik. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading