Sukses

Lifestyle

Setiap Orang Pernah Punya Ketakutan Ini dalam Menjalin Hubungan

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang sudah bebas dari rasa takut saat menjalin sebuah hubungan. Nyatanya masih banyak orang yang masih memiliki rasa takut dalam menjalin hubungan. Mengingat setiap hubungan akan dihadapkan pada tantangan dan masalahnya sendiri, wajar jika ada rasa takut yang menghampiri.

Ada lima rasa takut yang paling umum dirasakan oleh orang dalam menjalin sebuah hubungan. Kita semua pun pasti pernah merasakan setidaknya satu rasa takut ini. Tak apa untuk secara jujur dan terbuka mengungkapkan rasa takut yang kita punya agar kita bisa menemukan cara terbaik untuk mengatasinya.

1. Takut Diabaikan

Orang dengan rasa takut ini biasanya punya kecenderungan tak mau lepas dari pasangan. Ada perasaan takut diabaikan atau ditinggalkan. Sehingga kadang rela untuk melakukan apa pun demi menyenangkan hati pasangan. Sehingga ia pun rentan terjebak dalam hubungan yang salah saat pasangannya selalu memanfaatkannya.

2. Takut Dilukai

Jika kita tumbuh dalam lingkungan yang membuat kita tak mudah percaya pada orang, merasa tidak aman, atau pernah mengalami kekerasan, maka kita punya kecenderungan takut dilukai dalam sebuah hubungan. Kita kerap merasa selalu menjadi korban dalam sebuah hubungan. Kita juga takut dimanfaatkan. Sehingga sulit untuk benar-benar terbuka dalam berkomunikasi atau mengutarakan isi hati.

 

3. Takut Dikecewakan

Saat kita kekurangan dukungan emosional, perhatian, kasih sayang, dan tuntunan dalam perjalanan menuju kedewasaan, kita rentan mengalami rasa takut dikecewakan. Hal ini kadang membuat kita mudah marah dan banyak menuntut saat kita tak mendapat yang kita inginkan. Kita pun kadang marah pada orang lain saat mereka mendapatkan kadar cinta atau perhatian yang lebih besar dari yang kita punya.

4. Takut Mengecewakan

Banyak orang yang mengalami rasa takut ini. Takut mengecewakan orang yang dicintai. Banyak di antara kita yang merasa kurang cukup menjadi orang yang terbaik untuk orang yang kita cintai. Kita takut mengecewakan tapi sering membandingkan. Karena terlalu membandingkan diri dengan orang lain, kita jadi merasa makin rendah diri.

5. Takut Gagal

Setiap kali menjalin sebuah hubungan, selalu muncul rasa ragu. Ada rasa ragu dan takut akan gagal. Takut hubungan putus di tengah jalan. Bahkan cenderung berpikir berlebihan bahwa segala sesuatu yang dilakukan akan terbuang sia-sia sebab meyakini bahwa semua itu akan gagal.

Rasa takut apa yang pernah atau paling sering kamu rasakan dalam menjalin hubungan? Langkah pertama untuk mengatasi rasa takut itu adalah mencari tahu akar masalah pemicu rasa takut itu. Lalu, ambil langkah pertama untuk mengatasinya. Latih diri untuk terus berproses dalam menerima semua emosi dan perasaan yang ada, serta bila perlu cari bantuan dari psikolog atau psikiater untuk membantu mengatasi masalahmu.

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Bertengkar dengan Pasangan, Ini Dampaknya terhadap Keintiman
Artikel Selanjutnya
Tak Terduga, 5 Sikap Ini Jadi Tanda Pria Menyukaimu