Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Kesehatan Minum Air Seduhan Buah Delima untuk Tubuh

Fimela.com, Jakarta Buah delima mungkin bukan buah yang umum dinikmati seperti buah mangga dan pisang yang memiliki daging buah tebal, lembut dan manis. Namun buah delima tetap memiliki banyak manfaat kesehatan karena memiliki nutrisi yang tinggi. Jika diseduh, air seduhan biji delima mampu memberikan manfaat seperti ini pada tubuh, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah delima kaya akan antioksidan kuat berupa polifenol seperti antosianin, asam fenolik, dan punicalagin. Penelitian menyebutkan bahwa polifenol bersifat antiaterogenik, yaitu dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Menjaga sistem reproduksi yang sehat

Kandungan beta-sitosterol dalam biji delima memiliki aktivitas pelindung embrio di dalam kandungan. Senyawa ini juga mampu melindungi sistem reproduksi dari kerusakan oksidatif yang disebabkan karena obat kemoterapi. Air seduhan delima juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria karena dapat menguatkan konsentrasi dan motilitas sperma.

3. Menjaga kadar gula darah

Penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kadar gula darah agar tidak terserang diabetes bisa meminum air seduhan biji delima karena kandungan asam ellagic dan punicalagin dalam delima dapat membantu mengurangi lonjakan glukosa yang dipicu setelah makan makanan manis.

4. Menurunkan kolesterol dan berat badan

Kandungan asam punicic yang tinggi dalam teh delima dapat membantu menurunkan kolesterol yang secara alami dan perlahan juga akan membantu menurunkan berat badan karena efeknya yang meluruhkan lemak dalam darah sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

5. Anti kanker

Buah delima juga memiliki sifat anti kanker karena kandungan quercetin dan asam ellagic-nya membantu mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker serviks, payudara, karsinoma sel ginjal, prostat, karsinoma paru hingga metastasis kanker.

Jadi, jika kebetulan di rumah punya pohon delima dan sedang berbuah banyak, manfaatkan dengan cara menyeduh dengan air panas dan meminumnya setiap hari agar mendapatkan manfaat sehatnya.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading