Sukses

Lifestyle

Menurut Para Ahli Berikut Aktivitas yang Aman Dilakukan setelah Vaksin COVID-19

Fimela.com, Jakarta Jika kamu baru saja mendapatkan vaksin COVID-19 dan kamu sudah memikirkan semua aktivitas yang bisa dilakukan sekarang juga, ini adalah hal wajar dan bisa dimengerti. Tahun ini merupakan waktu yang berat, banyak orang telah menyerah.

Kamu belum bisa keluar dengan aman bersama teman dan keluarga. Kamu membatalkan pernikahan dan pesta karena COVID-19, banyak rencana perjalanan juga harus ditunda.

Nah, dengan adanya vaksin COVID-19, apa yang bisa dilakukan setelahnya? Dilansir dari huffpost.com, secara umum, mengevaluasi seberapa aman suatu aktivitas setelah mendapatkan vaksin COVID-19 tidak mudah.

Para ahli menekankan bahwa masih terlalu dini mengatakan kamu bisa melanjutkan gaya hidup pra pandemi, mengingat fakta bahwa masih banyak orang lain yang belum mendapatkan vaksin COVID-19. Kekebalan kelompok, ketika sekitar 70% atau lebih populasi kebal terhadap penyakit adalah target utama untuk normalitas.

 

 

Vaksin COVID-19 bukan satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan

Suntikan vaksin memang sangat efektif untuk melawan virus yang menyebabkan kematian, namun bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan saat ini. Hal ini berarti tidak ada aktivitas yang sepenuhnya bebas risiko saat ini.

Namun, dengan tindakan pencegahan yang tepat, beberapa aktivitas mungkin sedikit lebih aman. Pertama, lihat dulu transmisi komunitas, jika kasus sangat tinggi di daerahmu, aktivitas tertentu akan jauh lebih berisiko dibandingkan dengan area dengan aktivitas COVID-19 minimal.

Kamu juga masih harus mengevaluasi risiko pribadi, kamu harus terus memakai masker dan menjaga jarak fisik. Hal yang sama berlaku dengan menghabiskan waktu di dalam ruangan bersama teman atau keluarga yang belum mendapatkan vaksin.

Kamu masih berisiko menularkan virus kepada orang yang belum mendapatkan vaksin COVID-19

Ini lebih berisiko, karena jika kamu sudah mendapatkan vaksin, kamu memang berpeluang lebih rendah untuk terinfeksi, namun tetap berisiko menularkannya kepada orang lain, tanpa disadari. Kenyataannya, para ilmuwan saat ini benar-benar tidak mengetahui dengan pasti seberapa aman aktivitas-aktivitas biasa dilakukan oleh orang yang telah mendapatkan vaksin.

Mendapatkan vaksin berarti kamu telah melakukan bagianmu untuk memperlambat penyebaran COVID-19, namun belum memberi kamu kesempatan untuk bebas melakukan apapun. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mendesak semua orang untuk tetap memakai masker, sampai kekebalan kelompok terbentuk dan kasus COVID-19 menurun secara drastis.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebaran Omicron Begitu Cepat di Berbagai Negara, Syarat Perjalanan Tetap Diperketat
Artikel Selanjutnya
Bersiap, Booster Vaksin Covid-19 Mulai Diberikan Januari 2022