Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata walaupun Kamu Harus Menatap Layar Sepanjang Hari

Fimela.com, Jakarta Menurut penelitian yang ditugaskan oleh Vision Direct, rata-rata orang dewasa akan menghabiskan waktu yang setara dengan 44 tahun hidup mereka untuk menatap layar. Salah satu dari banyak cara waktu layar yang hampir konstan ini memengaruhi kesehatan mata adalah dengan kedipan.

Tingkat kedipan normal adalah 20 kali per menit, namun penelitian menunjukkan bahwa kita hanya berkedip 5 sampai 7 kali per menit saat melihat layar. Hal ini menyebabkan mata kering, iritasi, dan masalah lainnya.

Meskipun tidak mungkin untuk benar-benar berhenti menatap layar karena tuntutan pekerjaan, dilansir dari purewow.com, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata. Penasaran apa saja?

1. Praktikkan aturan 20/20

Lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki darimu selama 20 detik setiap 20 menit yang kamu habiskan di layar. Ini akan memberi mata waktu istirahat yang cukup.

2. Berlatih berkedip

Berkedip sepertinya salah satu hal yang tubuh tahu bagaimana melakukannya. Namun, karena waktu layar sangat mengganggu pola kedipan normal, sangat penting untuk melakukan sedikit usaha.

Berkedip dan tahan mata selama 3 hitungan, lalu buka mata dan tahan selama 2 hitungan. Ulangi beberapa kali sepanjang hari, terutama saat melihat komputer, telepon, dan TV.

 

3. Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting untuk berbagai alasan, termasuk menjaga kesehatan mata. Air minum membantu mengatasi kekeringan mata.

4. Memposisikan kipas atau AC dengan benar

Kipas atau AC yang bersirkulasi dan meniupkan udara di wajah dan langsung ke mata dapat semakin mengeringkan permukaan depan mata. Menjauhlah sedikit dari kipas dan AC agar tidak langsung mengenai wajah.

5. Coba memakai obat tetes mata

Penggunaan obat tetes mata adalah untuk memastikan mata terhidrasi dengan baik. Cara ini juga dapat mengurangi kekeringan, rasa terbakar, iritasi, dan ketidaknyamanan pada mata yang mungkin disebabkan oleh penggunaan perangkat digital. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Kerutan di Bawah Mata Beserta Cara Menghilangkannya
Artikel Selanjutnya
Ketahui Penyebab Mata Minus pada Remaja Beserta Cara Mengatasinya