Sukses

Lifestyle

Du Anyam Rilis Aplikasi Krealogi, Revolusi Digital bagi UMKM Kreatif Indonesia

Fimela.com, Jakarta PT Karya Dua Anyam (Du Anyam) meluncurkan revolusi digital bagi usaha mikro kecil menengah atau UMKM kreatif di Indonesia yaitu Krealogi pada Selasa (23/03). Krealogi merupakan aplikasi bagi usaha kreatif, di mana para pelaku ataupun penggiat UMKM Kriya dapat mengembangkan usahanya dengan meningkatkan pengelolaan operasional hingga komunikasi dengan pihak eksternal secara digital. Krealogi adalah teknologi berbasis aplikasi untuk rantai pasok yang didasari oleh pengalaman Du Anyam dalam menjalankan dan mengembangkan manajemen dan sistem rantai pasok Kriya dari daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Melihat masalah umum yang ada di masyarakat yaitu, perencanaan produksi yang tidak terorganisir dengan baik, kurangnya pengetahuan tentang logistik dan tidak ada pencatatan biaya modal dan pengeluaran keuangan. Hal ini berdampak pada hilangnya omset di sektor usaha mikro kecil menengah atau UMKM sehingga produsen tidak mampu memproduksi barang karena tidak ada akses permodalan. Terlambatnya pengiriman hingga kehilangan pembeli juga menjadi akibat dari permasalahan.

Krealogi menawarkan solusi aplikasi ramah pengguna untuk membantu pencatatan kegiatan operasional seperti mengelola dan mengecek pesanan, produksi, biaya dan stok yang dapat membantu UMKM menjadi pemasok yang handal. Aplikasi Krealogi dibangun berdasarkan pengalaman Du Anyam membangun rantai pasok ekonomi kreatif dari daerah terpencil di Indonesia.

 

 

Aplikasi krealogi dari Du Anyam

3 fitur unggulan dari aplikasi Krealogi adalah manajemen order, perencanaan produksi dan penghitungan biaya produksi yang dapat membantu UMKM untuk merencanakan jadwal produksi, pekerja, dan penghitungan HPP, memantau produksi, standar kualitas, pengeluaran biaya, dan mengevaluasi usaha untuk perbaikan, perluasan pasar dan modal kerja.

Dalam waktu kurang dari 1 tahun, Krealogi sudah bekerjasama dan menerima berbagai penghargaan dari berbagai institusi dari dalam maupun luar negeri: Juara 1 di Indonesia dan juara 12 global mewakili Indonesia di global round bersama 29 pemenang dari negara lain di kompetisi She Loves Tech (Kompetisis Wanita & Teknologi terbesar di dunia), Pemenang utama dalam 2020 COHORT IMPACT COLLECTIVE oleh UNDP, Top 3 Program Pahlawan Digital UMKM 2020 dari Kementerian Koperasi dan UKM, dan termasuk kedalam 400 inisiatif yang memberi dampak positif pada perubahan dunia wirausaha kreatif di seluruh Asia dari Gen.T Leader of Tomorrow.

Aplikasi krealogi dari Du Anyam

Azalea Ayuningtyas, Chief Executive Officer Krealogi mengatakan,“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah peluncuran aplikasi rantai pasok bisnis Krealogi oleh Du Anyam bagi UMKM, memperkenalkan aplikasi Krealogi oleh Du Anyam dan sebagai wadah berbagi pengalaman pengembangan usaha antar UMKM, praktisi, dan pemerintah.”

Rangkaian acara peluncuran aplikasi Krealogi yang dilakukan secara virtual ini, dibagi menjadi 3 bagian utama acara, yaitu Pembukaan oleh Azalea Ayuningtyas sebagai Chief Executive Officer Krealogi.Bagian kedua dilanjutkan dengan Talkshow dengan tema ‘Pentingnya Revolusi Digital Bagi UMKM Kriya Indonesia Setelah Pandemi Covid-19’ yang dihadiri oleh Bapak Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Putri Tanjung, Staf Khusus Presiden Joko Widodo dan Pandu Sjahrir, Komisaris Utama SEA Group, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang menaungi brand-brand besar seperti Shopee dan Garena. Bagian ketiga peluncuran adalah perkenalan fitur-fitur dalam aplikasi Krealogi.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Serba Serbi Kulit Purging dan Bedanya dengan Breakout
Artikel Selanjutnya
Mencari Saran yang dari Orang Bijak? Jangan Pernah Lewatkan 4 Zodiak Ini