Sukses

Lifestyle

Serba-Serbi Masalah Tidur di Tengah Pandemi Corona

Fimela.com, Jakarta Gangguan tidur merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak dialami orang. Apalagi, selama pandemi Corona berlangsung. Menurut Praktisi Kesehatan Tidur, dr. Andreas Prasadja, RPSGT, banyak orang yang mengalami gangguan tidur selama pandemi melanda. 

Gangguan tidur ini bermacam-macam. Mulai dari insomnia, hingga sleep apnea. Dalam sebuah gathering bertemakan Wellness from Home (WFH) bersama Tokopedia, Andreas menjelaskan tentang berbagai ragam masalah tidur di tengah pandemi Corona. 

3 Alasan Kesehatan Tidur Itu Penting

Andreas menjelaskan, terdapat 3 alasan kenapa kesehatan tidur itu penting. Pertama, karena kesehatan tidur adalah salah satu paragidma kesehatan. Makan seimbang, olahraga, dan kesehatan tidur merupakan tiga hal yang sangat penting untuk keseahtan tubuh secara keseluruhan. 

"Akibat kurang tidur Kesehatan ujung kaki ke ujung kepala terganggu, kurang tidur bisa stres, bisa jadi gemuk. Produktivitas juga terganggu. Karena, hanya pada saat tidur kemampuan otak seperti tingkat konsentrasi ketelitian dan stabilitas emosional terbentuk. Performa otak juga dibangun saat tidur. Kalau kerja terus tanpa memerhatikan kesehatan tidur, ketinggalan jaman! Selain itu, keselamatan kerja dan lalu lintas. Mengendara dalam kondisi mengantuk sama bahayanya dengan mabuk," ungkapnya dalam gathering bertemakan Wellness from Home (WFH) bersama Tokopedia pada Jumat (26/3/21). 

Kedua, kesehatan tidur berhubungan dengan sistem imun tubuh. Menurutnya, orang yang kurang tidur mudah sekali terserang penyakit. Ketika kamu kurang tidur, antibodi akan menjadi sedikit, sehingga stres dan inflamasi terjadi dalam tubuh. 

Ketiga, Coronasomnia yang terdiri dari 3 hal;

  • Poor sleep hygien dimana lingkungan tidur buruk. Misalnya, kamu bekerja dan melakukan berbagai aktivitas selama WFH di tempat yang sama, terlebih di atas tempat tidur. Padahal, tempat tidur harus digunakan hanya untuk tidur saja.
  • Terganggunya jam biologis.
  • Psychophiological insomnia. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami kesulitan tidur akut, hingga takut untuk berbaring di tempat tidur. "Misalnya begini, udah sore, ntar bisa tidur gak ya? Liat tempat tidur (bisa) seperti melihat tempat penyiksaan. Ini bisa terjadi karena sudah lama mengalami kesulitan tidur

Solusi Masalah Tidur

Untuk itu, Andreas menyaran untuk berusaha mengembalikan irama berkegiatan sehari-hari menjadi normal kembali. Seperti memperbaiki poor sleep hygien, membuat zona kerja menjadi nyaman, ruang tidur menjadi nyaman dengan mengatur embience, hingga memperbaiki jam tidur. 

Di sisi lain, banyaknya masyarakat yang masih bekerja dari rumah turut memicu peningkatan transaksi pada produk pendukung WFH. Misalnya, penjualan produk diffuser, yang bisa membantu meningkatkan fokus saat WFH, naik lebih dari 2,5x lipat pada kuartal I 2021. Sedangkan transaksi kursi kerja di Tokopedia melonjak hampir 4x lipat.

Transaksi produk pillow spray pun meningkat hampir 7x lipat. Soothe Sensory, salah satu pegiat usaha lokal penghasil pillow spray dan sabun artisan berbahan natural, mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 10x lipat pada kuartal 4 tahun 2020 dibanding kuartal sebelumnya.

“Belanja online telah menjadi alternatif masyarakat untuk mengurangi risiko penyebaran virus ditempat ramai. Tokopedia terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakatdalam memenuhi kebutuhan harian, termasuk kebutuhan kesehatan dan pendukung WFH, tanpaharus keluar rumah,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia, EkhelChandra Wijaya.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading