Sukses

Lifestyle

Terlalu Berpikir Berlebihan, Ini 6 Cara Sederhana untuk Memutus Siklus Overthinking

Fimela.com, Jakarta Terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan tekanan emosional yang parah yang tidak hanya menghalangimu dalam melakukan tugas sehari-hari, tetapi juga menghambat produktivitas dan kesehatan fisikmu.

Terlalu banyak berpikir dapat mengganggu pola tidur, kebiasaan makan yang menyebabkan rasa cemas, dapat membuatmu lambat dan malas. Dirimu cenderung lebih sering menunda-nunda dan yang lebih buruk adalah dirimu terjebak dalam rantai pikiran negatif sebelum menyadarinya. Ini akan mulai membuatmu merasa enggan untuk memulai hal baru, proyek yang menarik, pertemuan sosial dan bertemu seseorang yang baru. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memutuskan suklus overthinking.

Fokus untuk Menyelesaikan Tugas

Daripada menghabiskan waktu untuk menunda-nunda dan memikirkan berbagai cara yang mungkin salah, fokuslah pada pemecahan masalah secara aktif. Jangan terus memikirkannya karena akan menunda. Pikirkan tentang logistiknya dan bagaimana kesalahannya nanti. Duduk dan bertindaklah, itulah satu-satunya cara untuk menyelesaikannya dan itulah satu-satunya caramu akan mendapatkan motivasi untuk ganti ke tugas selanjutnya.

Temukan Kegiatan Menarik

Perhatikan saat pikiranmu beralih ke pikiran acak, kemudian salurkan ke sesuatu yang berguna dan produktif. Dirimu dapat melakukan hobi atau menemukan kegiatan yang menarik seperti mendengarkan musik, memasak, menari, bernyanyi, menonton acara TV, menulis, melukis, atau mengikuti kelas yoga online. Dengan cara ini dirimu akan membuat pikiranmu tetap aktif.

Luangkan Waktu untuk Introspeksi Diri

Itu selalu lebih baik untuk memisahkan waktu untuk refleksi diri, introspeksi dan analisis. Daripada berkutat dalam pikiranmu sepanjang hari, dirimu dapat menjadwalkan waktu atau menghabiskan 30 menit setiap hari dalam refleksi diri di mana dirimu dapat memikirkan hari atau minggu depanmu. Tujuan apa yang dirimu pikirkan dan apa yang dirimu rencanakan untuk dicapai selama beberapa hari ke depan.

 

Fokus untuk Saat Ini

Berhentilah membuang waktu untuk memikirkan bagaimana hal ini akan terjadi di masa depan. Mungkin ada beberapa kemungkinan berbeda untuk satu skenario. Buang-buang waktu untuk terlalu memikirkan hasilnya. Yang harus dirimu lakukan adalah memberikan 100% untuk fokus pada saat ini dan lupakan hasilnya.

Atasi Pikiran Negatif

Saat dirimu mulai berpikir negatif, miliki keinginan untuk mengenali dan menyalurkan negativitas ini ke tempat lain. Atasi pikiran negatif dan buang keluar dari sistem pikiranmu. Terkadang, dirimu harus memaksakan diri keluar dan menjadi cukup kuat untuk mengatasi hal-hal negatif dari dalam dirimu.

Berlatih Hidup Penuh Perhatian

Kadang-kadang, penting untuk melepaskan dan melepas lelah. Distres diri sendiri dari kesenangan duniawi, jaga jarak dari hal-hal yang membuatmu stres atau membuat panik. Berlatih meditasi dari waktu ke waktu dan belajarlah untuk lebih selaras dengan tubuhmu. Matikan laptopmu dan keluar untuk jalan-jalan malam, kelilingi diri dirimu dengan alam dan kosongkan pikiranmu.

Nah, berikut tadi beberapa cara yang dapat membantumu memutuskan siklus overthinking yang dapat merugikan dirimu sendiri. Berhentilah memikirkan segala sesuatu yang mungkin belum tentu terjadi. Sekilas memikirkan segala sesuatu yang belum tentu terjadi memang baik, tetapi jika dilakukan secara berlebihan juga tidak akan baik untuk pikiran kita. Hasilnya kita mungkin akan lebih cenerung ragu untuk melakukan segala sesuatu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading