Sukses

Lifestyle

Kenali 4 Manfaat Tidur Lebih Nyaman dengan Kaus Kaki

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat FIMELA tidak bisa tidur karena kaki terasa dingin? Kaki dingin mungkin menjadi alasan di balik malam-malam yang tidak tenang.

Ketika kaki dingin, pembuluh darah menyempit, Dan menyebabkan lebih sedikit darah yang bersirkulasi. Menurut National Sleep Foundation, menghangatkan kaki sebelum tidur dapat membantu otak mendapatkan sinyal tidur yang jelas bahwa sudah waktunya tidur.

Cara termudah untuk menghangatkan kaki adalah dengan kaus kaki. Mengenakan kaus kaki di tempat tidur adalah cara teraman untuk menghangatkan kaki semalaman.

Cara lainnya adalah menggunakan botol air panas atau selimut pemanas dapat membuatmu merasa lebih hangat. Tidur yang nyenyak bukanlah satu-satunya manfaat dari mengenakan kaus kaki di malam hari. Dilansir dari healthline.com, kebiasaan menggunakan kaus kaki saat tidur ini dapat mengubah pola tidurmu.

1. Mengurangi hot flashes

Banyak wanita yang mengalami menopause akan mengalami hot flashes atau flushes. Gejalanya meliputi sensasi tiba-tiba dari kehangatan intens yang menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, palpitasi, kemerahan pada wajah.

Kemampuan kaus kaki untuk membantu menurunkan suhu inti tubuh di malam hari juga bermanfaat untuk mencegah hot flashes. Ini karena hot flashes diduga disebabkan oleh fluktuasi hormon yang memengaruhi kontrol suhu tubuh.

2. Memperbaiki tumit pecah-pecah

Mengenakan kaus kaki katun setelah kamu melembabkan kulit dapat membantu menjaga tumit tidak kering selama tidur.

 

 

3. Mempercepat waktu tidur

Mungkin sepertinya memakai kaus kaki di tempat tidur akan membuat kaki terlalu panas. Namun pada kenyataannya, kebiasaan ini dapat membantu pengaturan suhu internal tubuh.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, sebuah penelitian dari tahun 2007 melaporkan bahwa orang dewasa yang mengenakan kaus kaki normal atau berpemanas di tempat tidur akan tidur lebih cepat.

Ini karena suhu tubuh inti seseorang turun pada malam hari, mencapai suhu terendah sekitar pukul 4 pagi. Suhu tubuh rata-rata adalah 98,6 derajat Fahrenheit (° F), tetapi ini bervariasi 1 hingga 2 derajat selama 24 jam.

Pemanasan pada kaki dan tangan membuat pembuluh darah membesar, respons yang disebut vasodilatasi. Ini melepaskan panas melalui kulit dan membantu menurunkan suhu inti tubuh.

Pada gilirannya, mengirimkan pesan ke otak bahwa sudah waktunya tidur. Penelitian menunjukkan bahwa kulit yang hangat dikaitkan dengan tidur lebih cepat.

4. Mengurangi kemungkinan serangan Raynaud

Penyakit Raynaud adalah ketika area kulit yang terkena, biasanya jari kaki dan jari tangan kehilangan sirkulasi dan mulai berdenyut atau membengkak. Mengenakan kaus kaki di malam hari dapat membantu mencegah serangan dengan menjaga kaki tetap hangat dan darah mengalir.

 

*Penulis: Adonia Bernike Anaya (Nia)

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading