Sukses

Lifestyle

Ketahuilah 5 Tanda Dirimu Berada Dalam Codependent Relationship, Jenis Hubungan yang Tidak Sehat

Fimela.com, Jakarta Codependent relationship ialah sejenis hubungan disfungsional, di mana satu orang menjadi pengasuh dan orang lain mengambil keuntungan. Hal ini disebabkan karena ketergantungan seseorang pada pasangan sehingga membuatnya selalu merasa harus berkorban, sekalipun hal itu membuatnya tidak nyaman atau merugikan dirinya sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa dirimu sedang berada dalam codependent relationship. Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Selalu Ingin Menyenangkan Orang Lain

Wajar jika dirimu ingin orang yang dicintai bahagia, tetapi ada perbedaan antara kecenderungan normal ini dan harus selalu menyenangkan orang lain. Orang yang selalu ingin menyenangkan orang lain sering kali merasa mereka tidak punya pilihan selain membuat orang lain bahagia.

Mereka tidak suka mengatakan tidak, bahkan ketika menyenangkan orang lain secara substansial mengganggu keinginan dan kebutuhan mereka sendiri.

Kurangnya Batasan

Jika dirimu dalam codependent relationship, maka akan cenderung memiliki masalah dalam mengenali, menghormati, dan memperkuat batasan. Memiliki batasan berarti dirimu menghormati hak orang lain atas perasaannya. Ini juga berarti menyadari bahwa dirimu tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain.

Sebaliknya, dalam hubungan codopendent dirimu cenderung tidak bisa mengenali batasan dengan pasangan. Jadi, pasanganmu mengendalikan dan manipulatif, sementara yang dirimu gagal untuk menegaskan keinginanmu sendiri.

Harga Diri yang Buruk

Biasanya, tidak ada orang dalam codependent relationship yang memiliki harga diri yang sangat baik. Di mana dirimu membutuhkan persetujuan dari pasangan, atau setidaknya harus melayaninya dalam mencapai tujuannya.

Sementara, dirimu memiliki harga diri yang rendah akibat harus bergantung pada pasangan untuk memenuhi kebutuhan materi dan membutuhkan validasi dari pasangan. Rasa ketergantungan pada pasangan sering kali menimbulkan rasa cemas jika pasangan akan meninggalkanmu sewaktu-waktu.

 

Berusaha Selalu Merawat

Tanda utama codependent relationship adalah ketika dirimu merasa harus menjaga pasanganmu sepanjang waktu. Akibatnya, dirimu mungkin merasa terdorong untuk menjaga orang lain, terutama pasangan, bukan karena kasih sayang, tetapi karena takut sesuatu yang buruk akan terjadi jika dirimu tidak melakukannya.

Hal ini karena dirimu merasa bertanggung jawab sepenuhnya atas kehidupan mereka, tak peduli jika hal itu bersinggungan dengan kebutuhanmu.

Komunikasi yang Buruk

Pola pikir condependent akan membuatmy sulit untuk berkomunikasi secara efektif. Dirimu seringkali tidak menyadari keinginan dan kebutuhannya sendiri, sekalipun menyadarinya, dirimu mungkin enggan untuk mengungkapkannya.

Saat merasa ketergantungan, dirimu akan memiliki kebiasaan untuk berkomunikasi secara tidak jujur pada orang lain.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tanda bahwa dirimu terjebak dalam codependent relationship. Semoga bermanfaat. 

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Terjebak dalam Hubungan Tidak Sehat, Ini 4 Tanda Pasanganmu Telah Mengubahmu
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Dirimu Tidak Menjadi Prioritas bagi Pasangan