Sukses

Lifestyle

Jangan Banyak Begadang, Ini 6 Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan, dan ada implikasi ketika kita tidak cukup tidur. Salah satu waktu yang paling sering mengganggu rutinitas tidur adalah di bulan Ramadan, ketika aktivitas sosial dapat membuat orang terjaga hingga larut malam.

Cobalah untuk mendapatkan jumlah tidur yang sama selama periode 24 jam. Biasanya, kebanyakan orang akan tidur pada malam hari selama tujuh hingga delapan jam dalam satu hari, tetapi selama Ramadan hal ini tidak memungkinkan. Cobalah untuk mengganti tidur malam yang hilang jika memungkinkan. Berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan tidur yang cukup di bulan Ramadan.

1. Buat Rencana

Cobalah untuk membuat rencana jauh-jauh hari, sesuai dengan jadwalmu dan dapat diikuti dengan sebaik mungkin. Ini mungkin melibatkan tidur lebih awal dari biasanya. Misalnya, cobalah tidur pada jam 11 malam dan tidur empat jam setelah buka puasa, kemudian bangun jam 3.30 pagi siap untuk sahur dan subuh kembali tidur sekitar jam 5 pagi selama dua jam. Jika jam kerja dikurangi maka tidur ini bisa sedikit lebih lama. Jika tidak, maka tidur siang setelah bekerja, tetapi sebelum buka puasa, dapat menggantikan satu hingga dua jam terakhir dari kehilangan tidur. Rutinitas baru ini mungkin berarti mengorbankan atau mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bersosialisasi atau melakukan aktivitas santai. Apa pun rencana yang kamu buat, cobalah untuk tetap melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Tubuh kita merespons rutinitas dengan baik.

2. Tingkatkan Energi

Temukan tempat yang tenang jauh dari tempat kerja, seperti di mobil, dan tidurlah selama 20 menit. Setel alarm untuk memastikan dirimu tidak kesiangan. Usahakan untuk tidak tidur lebih dari 20 menit selama tidur siang ini karena tubuh akan tertidur lelap dan dirimu akan bangun dengan perasaan lelah dan pening. Tidur siang sangat penting bagi mereka yang merasa mengantuk saat pulang ke rumah di penghujung hari.

3. Pastikan Ruang Tidur Mendukung

Pastikan lingkungan tidur tenang dan gelap. Penyumbat telinga dan penutup mata membantu dengan sangat baik untuk tidur nyenyak.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Banyak orang mengonsumsi makanan berat, sarat kalori, dan kaya gula saat buka puasa. Jenis makanan ini secara signifikan akan mengganggu kualitas tidur karena tubuhmu akan berusaha mencernanya saat perlu tidur dan istirahat.

5. Hindari Makanan Pedas

Lapisan perut sensitif pasca puasa. Mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa akan menyebabkan gas dan mulas, sehingga mengganggu tidur pada malam hari.

6. Hindari Kafein

Hindari kopi dan produk yang mengandung kafein. Pastikan dirimu mengonsumsi pada saat tidak berencana untuk tidur dalam tujuh jam kedepan. Banyak orang merasa bahwa kafein tidak mencegah mereka tertidur, yang mungkin benar, tetapi hal itu memengaruhi kualitas tidur.

Nah, berikut tadi adalah beberapa hal yang perlu dilakukan saat hendak mendapatkan tidur yang berkualitas selama di bulan Ramadan. Tetap jaga kesehatan dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading