Sukses

Lifestyle

Lebih Aman dan Sederhana dengan Teknologi Tanpa Sandi

Fimela.com, Jakarta Password (atau biasa kita sebut sandi) adalah satu ancaman terbesar bagi komunitas online. Sandi mudah dicuri, sulit untuk diingat, dan mengelola sandi itu sangat merepotkan. Banyak orang meyakini bahwa sandi itu harus panjang dan serumit mungkin, tetapi hal itu ternyata malah meningkatkan risiko keamanannya. Sandi yang rumit dapat menggoda pengguna untuk memakainya di lebih dari satu akun; bahkan faktanya, 66% orang Amerika mengaku bahwa mereka memakai sandi yang sama untuk berbagai macam situs, sehingga membuat semua akun tersebut menjadi rentan.

Pada 2020, penelusuran “seberapa kuat sandi saya” naik 300%. Namun sayangnya, sandi yang paling kuat pun dapat dibobol dan digunakan oleh penyerang. Itulah sebabnya kami sangat mengupayakan kontrol keamanan yang mencegah Anda menggunakan sandi lemah atau sudah dibobol.

Menjaga keamanan Anda saat online adalah prioritas utama kami di Google, maka dari itu kami terus berupaya untuk membuat alat dan fitur baru untuk mengamankan informasi pribadi Anda, termasuk sandi Anda.

Pada Hari Sandi Sedunia kali ini, kami ingin menyampaikan bahwa Google telah membuat pengelolaan sandi jadi lebih mudah dan aman, dan kami ingin menyampaikan sekilas bagaimana inovasi yang kami lakukan terus-menerus dapat menciptakan masa depan yang pada suatu hari nanti Anda tidak memerlukan sandi lagi sama sekali. 

 

Menjaga Keamanan Sign-in ke Akun Google Anda

Salah satu cara terbaik untuk melindungi akun Anda supaya sandinya tidak bocor atau dibobol adalah menggunakan alat verifikasi kedua, sehingga akun Anda punya cara lain untuk mengkonfirmasi bahwa yang sedang berusaha login adalah Anda. Teknologi canggih ini juga lebih kuat dari kode numerik tradisional yang dikirimkan ke ponsel.

Saat ini, Google meminta para pengguna yang telah memakai metode verifikasi 2 langkah (2SV) untuk mengetuk perintah Google yang dikirimkan ke ponsel mereka sebagai metode verifikasi kapanpun mereka login ke akun. Kami melihat bahwa sudah ada banyak pengguna yang menyetel akunnya dengan benar, jadi tak lama lagi kami akan mulai mengotomatiskan 2SV sebagai pengamanan tambahan (Anda dapat mengecek status akun Anda di halaman Pemeriksaan Keamanan kami). Penggunaan perangkat seluler untuk login memberikan pengalaman autentikasi yang lebih aman dan terlindungi kepada pengguna dibandingkan sandi. 

Kami telah membangun teknologi keamanan yang canggih ke berbagai perangkat agar proses autentikasi identitas Anda semakin lancar dan lebih aman daripada menggunakan sandi. Misalnya, kami telah mengintegrasikan kunci keamanan kami langsung ke perangkat Android, dan telah meluncurkan aplikasi Google Smart Lock kami ke platform iOS, sehingga orang-orang kini dapat memakai ponsel mereka sebagai alat autentikasi kedua.

 

Menjaga Sandi Anda Tetap Aman di Mana Pun

Selama sandi tetap menjadi bagian kehidupan digital kita, kami akan terus berinovasi dan mengembangkan produk dan teknologi baru untuk memudahkan proses pengelolaan sandi, dan yang paling penting adalah mengutamakan keamanannya.

Alat Pengelola Sandi kami terintegrasi langsung ke Chrome, Android, dan Akun Google Anda. Alat ini juga menggunakan teknologi keamanan AI terbaru untuk melindungi sandi Anda di seluruh situs dan aplikasi yang Anda gunakan. Teknologi ini memudahkan pengguna untuk membuat dan menggunakan sandi yang kompleks dan unik tanpa perlu mengingat atau mengulangnya. Setiap kali Anda membuka situs sambil login ke Akun Google Anda, Pengelola Sandi akan otomatis mengisikan sandi Anda yang aman. Alat Pengelola Sandi juga dilengkapi fitur Pemeriksaan Sandi yang dapat diakses dengan sekali klik dan akan memberi tahu jika ada sandi yang telah dibobol, digunakan ulang di situs yang berbeda, dan seberapa kuat sandi Anda. Kami juga akan otomatis memberi tahu Anda jika sandi telah dibobol, sehingga Anda dapat langsung mengubahnya dengan mudah untuk mengamankan informasi yang Anda miliki.

Baru-baru ini Google juga meluncurkan fitur Impor Sandi baru yang memungkinkan dan memudahkan pengguna untuk mengupload hingga 1.000 sandi dalam sekali waktu dari berbagai situs pihak ketiga ke Pengelola Sandi kami (gratis). Dengan langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa semua sandi Anda terlindungi oleh teknologi keamanan dan privasi kami yang canggih.

Fitur-fitur seperti Impor Sandi (Password Import), Pengelola Sandi (Password Manager) , dan Pemeriksaan Keamanan (Security Checkup) — dikombinasikan dengan produk autentikasi seperti Login dengan Google, yang dapat mengurangi tersebarnya kredensial yang lemah — adalah contoh upaya kami untuk mengamankan dan memudahkan pengalaman Anda saat online — bukan hanya di Google, tapi di seluruh web.

Google berharap, suatu hari nanti pencurian sandi menjadi hal yang ketinggalan zaman, karena sandi nantinya juga akan ketinggalan zaman. Namun, hingga saat itu tiba, Google akan terus berupaya menjaga Anda dan sandi Anda tetap aman. Kunjungi Pusat Keamanan kami untuk mempelajari berbagai upaya yang kami lakukan setiap hari untuk menjaga keamanan di internet.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading