Sukses

Lifestyle

Selain Meditasi, Ini 6 Cara Unik Meredakan Stres

Fimela.com, Jakarta Stres sejatinya merupakan hal yang normal terjadi pada setiap orang. Perasaan ini datang dan pergi, tetapi tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun, dalam kasus stres, perasaan takut mungkin menyertaimu sepanjang waktu.

Jika tidak ditangani, stres ini tentu akan semakin parah. Bahkan bisa membuatmu sulit tidur dan berkonsentrasi menjalani hari.

Ada banyak cara untuk mengelola stres. Namun beberapa ahli psikoterapis memiliki cara unik dan sederhana yang bisa membantu meredakan stres. Berikut ini selengkapnya seperti yang dikutip dari Pop Sugar.

1. Peluk dirimu

Menurut Konselor Profesional Berlisensi, Tara Haidinger, trik sederhana ini efektif untuk meredakan stres. Hal ini dikarekanan secara tidak langsung kita memberikan “tekanan lembut” di sekitar tubuh yang dapat menenangkan sistem saraf kita.

"Ambil selimut dan bungkus di sekitar bahu Anda, lalu pegang sisi berlawanan dari selimut dan tarik sampai pas," katanya. Tetap begini sampai sistem sarafmu tenang," katanya.

2. Genggam benda yang spesial untukmu

Ambil benda yang spesial untukmu, seperti perhiasan kecil, boneka, atau batu unik. Genggamlah barang tersebut saat Anda merasa stres.

Cara ini bisa membantu meredakan stres. “Ini mengelola kecemasan dan akan membantu Anda merasa tidak terlalu sendirian," jelas terapis trauma, Shari Botwin.

 

 

3. Menari

Ketika kamu stres, otak akan mengirim sinyal ke bagian tubuh lainnya agar bersiap memberi respon “Right or Fight” yang memicu peningkatan hormon adrenalin dan kortisol.

Namun, menari bisa mengalihkan pikiran tersebut sehingga membuat kita lebih bahagia. “Hal ini dikarenakan menari bisa melepaskan ‘hormon bahagia’ (dopamin) yang memainkan peran untuk suasana hati yang baik," terang psikoterapis, Keischa Pruden.

4. Tertawa

Jangan dianggap sepele, menurut psikolog Marsha Brown, tertawa adalah cara yang bagus untuk mengelola kecemasan. Metode ini efektif karena tertawa dapat mengurangi stres.

“Tertawa merupakan cara yang bagus untuk mengalihkan pikiran dari apa pun yang mengganggu Anda," tutur Brown. Carilah video lucu atau putar film komedi Netflix favoritmu. Lakukan apa pun yang akan membuat kamu tersenyum dan tertawa.

5. Bermain puzzle jigsaw

Kreativitas dapat membantumu keluar dari lingkaran kecemasan, dan salah satu cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan bermain teka-teki gambar.

“Teka-teki gambar membutuhkan fokus, yang mengalihkan pikiran kita dari kecemasan," jelas terapis pernikahan & keluarga, Amy Field. "Ini juga memiliki faktor penghargaan setelah teka-teki selesai."

6. Berlatih bersyukur

Mempraktikkan rasa syukur bisa jadi sulit ketika kamu merasa cemas, tetapi sebenarnya saat itulah yang paling efektif. Psikolog klinis berlisensi, Holly Schiff, menuturkan bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan nyaman.

"Luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan hal-hal yang berjalan baik dalam hidup Anda, orang-orang yang Anda syukuri ada di sekitar Anda, dan hal-hal yang Anda syukuri harus dinantikan," katanya. "Mempraktikkan rasa syukur adalah cara yang fantastis untuk mengubah pola pikir Anda ke hal-hal positif dalam hidup." sambungnya.

 

*Penulis: Hilda Irach.

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Olimpiade Pertama tanpa Penonton, Ini Efek Psikologisnya bagi Para Atlet Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020
Artikel Selanjutnya
Mengenal Terapi Seni Beserta Manfaatnya, Ampuh Atasi Stres dan Baik untuk Kesehatan Mental