Sukses

Lifestyle

Kartini di Masa Pandemi Menjadi Perempuan yang Berdaya

Fimela.com, Jakarta Tanpa terasa pandemi sudah terjadi selama setahun di negeri ini. Dampak yang dirasakan pun sangat luar biasa baik secara psikis, mental terlebih dari sisi perekeonomian. Tidak sedikit masyarakat yang akhirnya merasakan pemutusan hubungan kerja (PHK) dari pekerjaannya, kurang lebih menurut data KEMENAKER mencapai angka 128 juta pekerja merasakan PHK. 

“ Jumlah angkatan pekerja kita 128 juta. Jika dilihat dari data BPS, banyak sekali teman-teman kita mengalami dampak pandemi ini. Kalau dilihat dari angkanya PHK itu masih kecil, yang banyak adalah mereka yang dirumahkan dengan penghasilan yang berkurang," ucap Ida Fauziah selaku KEMENAKER, Rabu (3/2/2021). 

Era pandemi ini memang banyak memberikan beban baru dalam kehidupan setiap individu, tidak hanya laki – laki yang notabene menjadi tulang punggung keluarga, para kartini Indonesia pun saat ini bertransformasi menjadi penyokong perekonomian negara yang sedang dilanda badai pandemi. Adanya pemutusan hubungan kerja secara massal di pandemi ini menjadikan masyarakat berfikir lebih kreatif lagi dalam mendapatkan pundi – pundi rupiah untuk bisa bertahan hidup selama pandemi berlangsung, dan tak jarang juga kaum perempuan ikut berkontribusi dalam mencari tambahan pundi – pudi tersebut, mulai dari kerajinan tangan hingga menjadi sebuah sektor baru dalam usaha mikro, kecil, dan menegah. 

Kartini di masa pandemi

Terciptanya UMKM di pandemi terasa sangat pesat, bahkan sektor UMKM sendiri bisa dikatakan menjadi tulang punggung sektor perekonomian Indonesia saat ini. Didukung dengan zaman yang serba terhubung dengan koneksi internet, memberikan kemudahan para pelaku UMKM sejahtera dalam situasi pandemi saat ini. Menurut data, hanya UMKM yang terhubung platform digital mengalami pertumbuhan [omzet]," kata Hanung Deputi bidang UKM Kemenkop dan UKM. 

Dari kelebihan untuk melakukan kegiatan jual beli antara pedagang dan pembeli tanpa bertatap muka secara langsung banyak e-commerce yang hadir untuk memberikan kemudahan tersebut, salah satunya adalah pasarro.com yang menyediakan layanan end to end bagi costumer B2B , mulai dari jasa pelayanan transportasi hingga pengurusan faktur pajak, selain itu fitur E-Katalog dan pastinya memudahkan buyer dan seller untuk bertransaksi. 

Sosok Kartini menjadi tokoh yang sangat pas untuk menggambarkan kaum perempuan hari ini, dengan segala kreativitas dan tak mengenal kata menyerah, mereka mampu mendorong sektor UMKM negara dan akhirnya memberikan senyuman untuk keluarga mereka. 

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Memanfaatkan WhatsApp Sebagai Platform Online untuk Mendorong UMKM di Tengah Pandemi
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Grab dan Emtek Group Dorong Transformasi Digital UMKM