Sukses

Lifestyle

Sering Terjadi pada Perempuan, Berikut Cara Menghilangkan Lemak di Punggung dengan Olahraga dan Makanan Sehat

Fimela.com, Jakarta Lemak bukan hanya ada di pipi, bawah dagu, perut, lengan atau paha saja. Namun juga dapat menumpuk di area tubuh kita lainnya, seperti punggung. Nah sayangnya Lemak di punggung sering kali terlewatkan karena tidak langsung terlihat oleh pandangan mata.

Padahal lemak di punggung berbahaya bagi kesehatan tubuhmu, misalnya saja dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai penyakit tidak menular lainnya. Ciri-ciri lemak di punggung ialah jika dicubit, terlihat tumpukan cubitan besar yang menandakan tumpukan lemak.

Perempuan lebih banyak memiliki lemak di punggungnyaa dibanding pria, hal ini dikarenakan cadangan lemak tersebut ketika mereka menghadapi masa kehamilan, kelahiran, serta menyusui kelak. Masa-masa tersebut membutuhkan energi yang cukup besar, sehingga tumpukan lemak ini hadir untuk menunjang kondisi tersebut.

Untuk menghindari banyaknya tumpukan lemak di punggung ialah dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan rutin olahraga. Melansir healthline, berikut ini beberapa olahraga dan makanan yang bisa menurunkan lemak di punggung.

Olahraga yang dilakukan menargetkan otot-otot di otot punggung bawah, termasuk otot oblique dan ekstensor. Latihan dapat dilakukan di rumah atau di gym, dengan peralatan olahraga yang minimal.

1. Menggunakan bola latihan

Mulailah dengan berbaring dengan perut di atas bola latihan seperti bola yoga, mata melihat ke bawah. Telapak tangan harus rata di lantai, dan kaki bisa ditekuk di lutut.

Seimbangkan bola saat menekan kedua kaki bersama-sama dan ke atas. Bola harus tetap stabil selama gerakan ini. Tahan pose ini selama beberapa detik, lalu turunkan kaki. Ulangi beberapa kali.

2. Gerakan pisau lipat

Berbaring miring ke kanan dengan kaki ditumpuk. Letakkan tangan kiri di belakang kepala. Tangan kanan bisa diposisikan untuk merasa nyaman. Tekan obliques saat menarik kaki kiri ke atas ke arah lengan kiri, yang seharusnya tetap stabil di kepala, bawa lengan kiri yang ditekuk ke arah lutut kiri. Ulangi beberapa kali sebelum beralih ke sisi yang berlawanan.

3. Push up

Push up sangat efektif membakar lema perut dan punggung. Kamu bisa melakukan push up dengan berbagai cara. Jika sulit melakukan push up dengan telungkup di atas matras, lakukanlah wall push up.

4. Zumba

Olahraga lainnya ialah zumba yang bisa dilakukan di rumah. Gerakan zumba dapat meminilamis lemak di tubuh, begitu pun punggung. Sudah banyak video yang bisa dilihat untuk gerakan-geranak zumba.

5. Bersepeda

Olahraga yang tengah tren di pandemi covid-19 ini pun dapat mengurangi lemak di tubuh. Dampingi dengan konsumsi makanan kaya serat dan rendah natrium untuk membantu memangkas kelebihan lemak. Beberapa makanan paling ramah penurunan lemak badan termasuk, alpukat, telur rembuh, sayuran hijau, brokoli, kembang kol,ubi jalar, dada ayam tanpa lemak, salmon, hingga tuna.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading