Sukses

Lifestyle

Menurut Sebuah Penelitian, Cara Sederhana Ini Bisa Bantu Redakan Stres

Fimela.com, Jakarta Saat sedang stres, rasanya pasti sangat tidak nyaman. Bahkan kita bingung cara mengatasi dan menghadapi stres yang kita alami, tapi bukan berarti tidak ada cara untuk meredakannya. Ada sebuah penelitian menarik terkait suatu cara meredakan stres.

Aktivitas bersih-bersih atau beres-beres bisa bantu redakan stres. Melansir laman drjen.com, menurut sebuah penelitian baru dari Cleaning Rush Study oleh Mr. Clean, aktivitas bersih-bersih bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produksi adrenalin. Wah, sungguh sebuah penelitian yang menarik, ya. 

Manfaat Kegiatan Bersih-Bersih

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa 100 persen partisipan setuju bahwa bersih-bersih dapat membuat hati lebih tenang dan memberi perasaan memiliki kendali atas suatu lingkungan. Sementara itu 82 persen setuju bahwa mereka senang saat selesai bersih-bersih. Delapan puluh satu persen partisipan merasa berhasil membuat pencapaian baru saat menyelesaikan aktivitas bersih-bersih tersebut.

Dengan kata lain, para partisipan dalam penelitian itu merasa lebih bertekad, terinspirasi, bangga, dan tidak terlalu cemas setelah beres bersih-bersih. Kegiatan bersih-bersih memang bisa menghadirkan perasaan nyaman dan menyenangkan. Stres pun bisa ikut mereda setelahnya.

"Membersihkan apa pun, entah itu menyeka noda dari kulkas atau membersihkan oli yang menumpuk dari roda mobilmu bisa meningkatkan suasana hati dan memberi rasa bangga telah menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan baik," papar Dr. Jennifer Hartstein, seorang psikolog klinis.

Adanya peningkatan suasana hati jadi lebih tenang dan bahagia setelah kegiatan bersih-bersih bisa sangat membantu kita untuk merasa lebih tenang. Kita bisa lebih nyaman dan tidak lagi terlalu tertekan atau stres.

Jadi, ketika stres melanda, cobalah untuk bangkit dan mulai membersihkan sesuatu. Nanti kita bisa rasakan sendiri betapa ringannya hati dan perasaan kita setelah selesai dan beres bersih-bersih.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menenangkan Diri dan Meredakan Hati yang Gelisah
Artikel Selanjutnya
4 Jenis Olahraga Terbaik Ini Ampuh Mengatasi Stres