Sukses

Lifestyle

Cinta Saja Tak Cukup untuk Membangun Pernikahan, Mengapa?

Fimela.com, Jakarta Dua orang dengan pernuh kekurangan dan keterbatasan, saling bahu membahu dalam mengarungi bahtera pernikahan, membayangkannya saja rasanya sudah sulit apalagi jika ditambah tanpa cinta? Ya, cinta memang sangat penting dalam hubungan, tetapi itu bukan satu-satunya yang dibutuhkan dalam pernikahan. Mengapa demikian? Ini dia ulasannya.

Cinta adalah emosi yang bisa berubah

Secepat dirimu jatuh cinta, maka tak menutup kemungkinan kamu juga bisa cepat kehilangan rasa cinta pada seseorang. Entah karena hubungan itu berakhir atau menjadi beracun, kamu merasa bosan atau tak merasa ada kecocokan. Sama juga seperti pernikahan yang hanya dilandasi karena cinta, ia akan mudah rapuh.

Cinta tidak membuat fondasi yang cukup kuat

Cinta itu kuat tetapi bisa menguap, cinta bukan sesuatu yang bisa berdiri sendiri sebagai dasar untuk hubungan jangka panjang (terutama ketika anak-anak terlibat). Terlebih jika sudah menyangkut pernikahan dengan masalah yang semakin kompleks, seperti masalah ekonomi, masalah anak dan pemenuhan kebutuha domestik. Cinta justru tak akan tampak di sana.

Cinta jauh dari semua yang dibutuhkan

Dalam pernikahan, pasangan membutuhkan rasa saling menghormati, tujuan bersama, dan kecocokan lebih dari yang dibutuhkan untuk memiliki hubungan yang berkelanjutan dan langgeng. Kita semua berharap diinginkan dan kita suka mencintai, jika pasangan memiliki resep untuk hubungan yang kuat dan sehat, mungkin akan terlihat seperti ini: pertama, rasa hormat, kedua, tujuan bersama ketiga, kompatibilitas, dan keempat adalah cinta.

Cinta bukanlah esensi dari pernikahan

Ada beberapa alasan yang mendasarinya yakni karena pernikahan adalah kehidupan jangka panjang yang melibatkan aspek lain dan perasaan cinta yang penuh gairah hanya sesuatu yang bersifat temporal. Dan ada hal lainnya yang lebih penting dibanding cinta dalam pernikahan, yakni komunikasi yang baik, rasa saling menghormati, kepercayaan yang kuat dan aspek finansial atau ekonomi. Jika kesemuanya ini tak ada dalam pernikahan, maka cinta tak akan bisa muncul dengan kekuatannya.

Ini bukan berarti bahwa cinta itu tak penting sama sekali, sama seperti komitmen, cinta juga begitu penting. Karena tanpa cinta, pernikahan pun tak akan bisa berjalan dengan baik. Tetapi, jangan hanya mengandalkan cinta saja dalam pernikahan atau ingin buru-buru menikah karena sudah merasa sangat cinta, karena ada hal lainnya yang harus dipersiapkan, seperti kesiapan mental, finansial, kesehatan kematangan cara berpikir dan lainnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

 

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 29 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengadakan Resepsi Pernikahan Selama PPKM Level 1-4? Pahami Ketentuannya
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Suami Tulus Mencintaimu meski Tak Mengatakannya Langsung