Sukses

Lifestyle

Studi Membuktikan, Rebahan Terlalu Lama Bisa Membuatmu Jadi Pelupa

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa dirimu menjadi pelupa daripada biasanya? Padahal dulu kamu selalu mudah mengingat sesuatu, tidak melupakan hal-hal kecil dan penting. Apakah kamu mulai tua dan mengalami demensia? Mungkin tidak. Bisa jadi kamu hanya kurang olahraga.

Tidak banyak yang tahu bahwa tubuh kurang bergerak bisa membuat seseorang menjadi pelupa. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLos One tahun 2018 menemukan bahwa gaya hidup berdiam diri mampu mengurangi kemampuan otak dalam mengingat sesuatu.

 

Suka berdiam diri bisa membuatmu jadi pelupa

Dalam penelitian yang berjudul Sedentary behavior associated with reduced medial temporal lobe thickness in middle-aged and older adults ini menyebutkan bahwa kebiasaan rebahan dan berdiam diri mampu mengubah struktur otak di area lobus temporal medial yang bertanggung jawab menjaga kemampuan otak dalam mengingat. Akibatnya, kamu jadi pelupa

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan rajin olahraga. Selama pandemi ini tentu banyak orang menghabiskan waktu di rumah, namun banyak juga yang justru merasa malas untuk olahraga. Meskipun banyak orang merasa olahraga adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan, sebenarnya olahraga merupakan kebutuhan alami tubuh.

Tanpa olahraga atau menggerakkan badan, bukan hanya risiko penyakit yang mengincar tapi kemampuan otak juga bisa melemah. Jadi, berusahalah tetap olahraga selama di rumah saja, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Penyintas Covid-19 Rentan Alami Penurunan IQ
Artikel Selanjutnya
Bukti Penelitian, Makan Ini di Pagi Hari Membuat Otak Cerdas