Sukses

Lifestyle

Studi Membuktikan, Kurang Tidur Membuatmu Jadi Pelupa

Fimela.com, Jakarta Tubuh perlu waktu istirahat setelah seharian melakukan kegiatan, bahkan jika menurutmu itu tak melelahkan. Setiap malam, tubuh membutuhkan waktu untuk meregenerasi sel-sel tubuh, tidak terkecuali sel-sel otak. Karena ternyata kurang tidur bukan hanya membuat mood-mu buruk kesokan harinya, tapi juga membuatmu jadi pelupa.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer Disease & Associated Disorders menemukan bahwa kurang tidur membuat otak mengalami amnesia ringan. Stres adalah faktor utama yang mendasarinya. Ketika tubuh kurang tidur, maka kadar stres meningkat.

 

Stres Membuat Otak Mengalami Amnesia Ringan

Dalam penelitian disebutkan bahwa stres adalah faktor risiko yang berpotensi menimbulkan gangguan kognitif ringan amnestik (aMCI). Hormon stres merusak sel-sel hipokampus, pusat mengelola memori di dalam otak dan menyebabkan kehilangan ingatan dan demensia.

Tidak banyak yang tahu bahwa tidur merupakan kegiatan detoks yang penting bagi otak, dan kurang tidur akan memberikan efek negatif berkurangnya konektivitas neuron di dalam hipokampus.

Itulah mengapa, sebaiknya kamu tak mengabaikan efek kurang tidur pada tubuh Sahabat Fimela, apalagi jika kamu tak ingin jadi orang pelupa.

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Perempuan Beruntung Selamat dari Meteor yang Jatuh Saat Ia Tertidur
Artikel Selanjutnya
Sakit Leher? Ini Cara Tidur Terbaik yang Aman dan Nyaman