Sukses

Lifestyle

4 Hormon Kebahagiaan dan Cara Mendapatkannya

Fimela.com, Jakarta Hormon adalah bahan atau senyawa kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh. Mereka melakukan perjalanan melalui aliran darah, bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses metabolisme. Salah satu fungsi pentingnya ialah membantu mengatur suasana hati yang disebut sebagai ‘hormon bahagia.’ Hormon bahagia meliputi: dopamin, serotonin, oksitosin dan endorfin. Dan inilah cara untuk memaksimalkan hormon bahagia tersebut menurut Healthline.

1. Dopamin

Hormon dopamin merupakan salah satu hormon kebahagiaan dan kesenangan diri. Dopamin adalah hormon yang membawa pesan senyawa kimia pada otak dan mempunyai banyak fungsi, antara lain, motivasi, memori, dan mengatur gerakan tubuh. Dan beberapa cara untuk meningkatkan senyawa dopamin dalam tubuh adalah: makan enak, tidur cukup, banyak tertawa, olahraga dan meditasi.

2. Endorfin

Endorfin adalah adalah senyawa kimia atau hormon yang meredakan rasa sakit hingga menimbulkan sensasi kesenangan. Cara meningkatkan hormon endorphin bisa dengan berolahraga hingga bercinta. Secara alami, tubuh memproduksi endorfin saat terluka, stres, makan, beraktivitas fisik, atau berhubungan seksual. Itulah mengapa, ada kalanya seseorang bisa merasakan mood menjadi jauh lebih baik secara instan. Untuk meningkatkan hormon ini dalam tubuh dengan cara antara lain: berolahraga, tertawa, mendengarkan musik, makan cokelat, atau menonton film-film sedih.

3. Oksitosin

Oksitosin adalah atau biasa disebut sebagai the love hormone membantu seseorang untuk bisa menjalin ikatan dengan orang yang dicintai. Manfaat hormon ini antara lain, seperti mengurangi rasa sakit, mengurangi stres dan membuat perasaan membaik. Selain itu, oksitoksin juga membantu dalam meningkatkan kepercayaan dan ikatan emosional antara pasangan. Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan hormon oksitosin ialah melalui sentuhan fisik seperti berpelukan, berbagi cerita, melakukan kebaikan, pijatan, dan aktivitas yang memacun adrenalin.

4. Serotonin

Ini adalah salah satu hormon bahagia yang bermanfaat dalam mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi. Hormon ini juga berperan sebagai neurotransmiter atau sebagai pengantar sinyal antarjaringan saraf. Selain mengatur suasana hati, ia juga berperan penting dalam mengatur beberapa metabolisme tubuh, seperti pencernaan, proses pembekuan darah, fungsi seksual dan pembentukan tulang. Ada cara mudah meningkatkan hormon ini dalam tubuh kita, seperti meningkatkan spiritualitas (berdoa dan beribadah), menikmati pemandangan, berjemur di bawah sinar matahari, olahraga, dan mengonsumsi makanan yang berprotein.

Itulah beberapa hormon bahagia dan cara meningkatkannya di dalam tubuh. Seperti yang dikatakan pepatah, bahagia itu mudah, karena ia berasal dari dalam tubuh kita, kita hanya harus tahu bagaimana cara meningkatkannya.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading