Sukses

Lifestyle

Berhenti Lakukan 5 Kebiasaan Ini jika Ingin Hidup Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Ternyata gaya hidup yang sehat tak hanya berupa rajin berolahraga atau makan yang sehat, namun ada juga beberapa kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan dan itu bisa menjadi bagian dari hidup sehat bahkan membuat hidup bertahan lebih lama. Dan sebaliknya ada juga kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari karena dapat membuat kesehatan menurun bahkan berisiko membuat usia lebih pendek. Dan jika dirimu ingin hidup lebih lama, kamu harus berhenti melakukan kebiasaan berikut ini.

1. Jangan memendam semuanya sendiri

Tetap bersosialisasi bisa menjadi pendorong umur panjang yang baik, sebagian besar dengan membantumu mengelola stres dan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hubungan yang baik membuatmu tetap kuat, sementara hubungan yang buruk dapat membuatmu berpikiran negatif, dan menempatkan Anda pada risiko stres dan depresi. Saat bisa berbagi pada orang lain itu akan memudahkanmu dalam mengelola stres.

2. Berhenti multitasking

Cobalah memilih hanya satu perubahan kecil pada satu waktu, seperti bangun 10 menit lebih awal di pagi hari untuk menyiapkan makan siang yang sehat untuk bekerja, alih-alih perubahan besar dalam hidup. Seperti yang ditunjukkan oleh saran olahraga di atas, bahkan aktivitas singkat setiap hari dapat menuai manfaat besar bagi umurmu. Konsistensi lebih penting daripada isyarat besar jangka pendek. Selain itu, melihat apa yang sudah berhasil dalam rutinitas sehari-hari dapat membantumu merasa berenergi dan termotivasi untuk mengubah sedikit lebih banyak ke arah yang sehat.

3. Jangan tunda hidup sehat

Kesadaran secara konsisten menempati urutan yang penting, mungkin yang paling penting. Orang yang teliti cenderung melakukan perilaku sehat seperti makan dengan baik, berolahraga, dan mengikuti saran dokter mereka, sambil menghindari perilaku berisiko seperti merokok dan mengemudi terlalu cepat. Jadi jangan tunda untuk hidup sehat selama memiliki waktu.

4. Jangan mengurangi waktu istrahat

Jumlah tidur yang didapatkan memengaruhi umurmu Dalam studi epidemiologi, tidur terlalu sedikit (kurang dari enam jam) atau lebih banyak (lebih dari sembilan jam) telah terbukti menempatkan orang pada risiko kematian yang lebih besar. Tidur malam yang baik dapat membantu Anda menangkal stres, depresi, dan penyakit jantung.

5. Berhenti stres

Seperti kemarahan, stres berdampak buruk pada tubuh dan sebenarnya dapat mempersingkat hidup. Dengan mencoba mengurangi stres, kamu akan dapat meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang, dan kualitas hidup. Menulis jurnal atau menulis di buku harian, bermeditasi (latihan dengan banyak manfaat umur panjang), dan belajar untuk rileks adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres yang dapat memberi otak liburan singkat dari kecemasan dan ketegangan yang dibutuhkannya.​

Tak ada yang bisa mengetahui dan mengatur panjang atau pendeknya usia, tetapi untuk hidup sehat dan bebas risiko itu adalah pilihan yang bisa diambil agar hidup menjadi lebih baik. Apakah kamu sudah menerapkan haya hidup sehat, Sahabat Fimela?

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading