Sukses

Lifestyle

4 Tanda-Tanda Kalau Pasangan Tiba-tiba Butuh Waktu untuk Sendiri

Fimela.com, Jakarta “Waktu sendiri itu penting, terutama dalam sebuah hubungan.” ungkap Joanna Townsend seorang psikoterapis di Blush Online Life Coaching dikutip dari Bustle. Orang-orang perlu bersantai sendiri, tenggelam dalam dunia yang tenang karena mungkin untuk meninjau semua hal yang telah terjadi dalam hidup mereka dan hubungan yang mereka jalani. Begitu juga dengan pasangan kita.

Ketika suatu hubungan sedang dilanda konflik, biasanya terdapat perbedaan pada pria dan wanita dalam menangani konflik tersebut. Pria akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalahnya dengan berdiam diri, sedangkan wanita seringkali butuh membicarakan masalahnya dengan pasangannya.

Biasanya, ketika pasangan yang memerlukan waktu sendiri, kita akan negative thinking dan merasa hal itu merupakan hal yang menyakitkan dalam sebuah hubungan. 

Maka dari itu, perlu adanya pengertian agar tidak ada lagi mispersepsi akan hal itu. Berikut 4 hal utama yang perlu kamu ketahui jika pasangan kamu tiba-tiba minta waktu untuk sendiri.

1. Dia sedang berusaha menangani konflik denganmu

Dikutip dari Unboxing Love, ketika sedang berkonflik kebanyakan pasangan (terutama laki-laki) butuh waktu untuk memikirkan jalan keluar dari konflik yang dihadapi. 

Dia membutuhkan waktu untuk memikirkan action apa yang harus diambil untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Biasanya, laki-laki akan lebih memikirkan langkah praktikal dalam mengatasi konflik dan permasalahan yang sedang dialami, dan hal itulah yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan secara matang agar tidak menimbulkan konflik baru. 

2. Sedang tertekan atau stres

Jika dia memberitahu kamu kalau dia butuh ruang, itu berarti dia ingin sendirian untuk menyelesaikan masalahnya, lalu kembali lagi nanti setelah dia menemukan solusinya atau mendapatkan pencerahan

Ketika pasangan kita sedang tertekan atau stres, biasanya ia lebih memilih untuk diam agar tidak masalah dalam mengatakan sesuatu dan berakhir menyesal karena semua perkataan mengakibatkan munculnya masalah baru.

Maka dari itu, ia butuh waktu sendiri untuk mengembalikan dirinya sendiri.

3. Dia ingin melakukan hal yang ia sukai

Terkadang kita ingin bersama teman-teman kita dan tidak selalu bersama dengan pasangan karena sudah terlalu sering menghabiskan waktu berdua. 

Melakukan sedikit waktu untuk melakukan hobi atau hanya untuk hangout dengan teman-teman, menonton film yang kita sukai adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan sendiri tanpa diganggu pasanganmu. 

Maka dari itu, sebagai pasangan yang baik, memberikan waktu untuk me-time kepada pasangan bukanlah hal yang buruk karena itu sebagai bentuk penghargaan atas dirinya sendiri. 

4. Dia memang perlu jarak dan ruang

Tanpa kita sadari, terlalu banyak kebersamaan akan membuat kebosanan bagi sebagian orang. Terlalu sering bertemu dan tidak ada waktu untuk diri sendiri dan orang lain selain pasangan juga tidak selalu baik. 

Maka dari itu, perlu ada jarak dan ruang untuk menyeimbangkan antara waktu bersama dan waktu sendiri ataupun dengan orang lain agar terdapat keharmonisan dengan orang-orang sekitar lainnya pula. 

Perlu diketahui, adanya jarak akan membuat hati menjadi lebih dekat. Kita hanya perlu memahami apa yang dipikirkan manusia. Jika pasangan kamu menyukai me-time dan quality time secara setara, maka itu pertanda bagus.

Nah, jika kamu dapat memahami keempat hal tadi tanpa membebani pikirannya, maka secara tidak langsung kamu akan membantu permasalahan yang dialami oleh pasangan kamu, dan dapat meningkatkan hubunganmu.

Penulis: Chrisstella Efivania

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading