Sukses

Lifestyle

4 Cara Mudah Menggunakan Telemedicine Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

Fimela.com, Jakarta Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah maupun karantina terpusat di pusat isolasi. Selama isoman, pasien dapat memanfaatkan konsultasi dan obat gratis dari layanan telemedicine.

Telemedicine atau konsultasi online sendiri ialah bila didefinisikan oleh American Academy of Family Physicians sebagai praktik penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. Seorang dokter di satu tempat menggunakan teknologi komunikasi untuk melayani pasien yang berada di tempat lain.

Bertujuan memberikan dukungan klinis, berguna untuk mengatasi hambatan geografis dan jarak apalagi di masa pandemi ini yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja.

Adapun ke-11 platform dan aplikasi telemedicine yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam memberikan layanan konsultasi dan obat gratis bagi pasien isolasi mandiri adalah: Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Lalu, bagaimana cara berkonsultasi dan mendapatkan obat gratis bagi pasien isolasi mandiri?

Berikut caranya

1. Pilihlah satu dari 11 aplikasi di atas. Yang bisa diunduh gratis di Googgle Play atau iOS.

2. Buka aplikasi misalnya Halodoc, kemudian pada bagian Peduli Covid, pilih "Konsultasi Dokter", di situ kamu bisa memilih dokter.

Pengguna akan diarahkan untuk berkonsultasi dengan dokter pilihan melalui ruang obrolan (chat). Di situ dokter akan memberikan diagnosis mengenai kondisi pasien.

3. Dalam konsultasi jangan ragu untuk menceritakan apa saja keluahan yang dirasankan agar dokter bisa memberikan obat dan vitamin yang sesuai. Hingga bisa juga menanyakan apa yang harus dilakukan saat isolasi mandiri.

4. Setelah konsultasi, dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan kondisi pasien.

Resep ini nantinya bisa digunakan untuk membuat permintaan pemesanan obat atau dokter yang akan merujuk resep obat tersebut ke pihak pelayanan kesehatan. Pasien hanya perlu menunggu obat diantar ke rumah, dengan gratis.

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Waspada Corona Varian B.1.1.529 Terdeteksi di Afrika Selatan, Disebut Lebih Berbahaya dari Delta
Artikel Selanjutnya
Apakah Tes COVID-19 yang Dilakukan Sendiri di Rumah Bisa Dianggap Akurat?