Sukses

Lifestyle

5 Tips Makan Enak saat Idul Adha tanpa Takut Kolesterol Meningkat

Fimela.com, Jakarta Menjelang lebaran Idul Adha yang kurang seminggu lagi, pasti sudah banyak persiapan yang dilakukan. Tak ketinggalan juga hidangan makanannnya. Karena Idul Adha merupakan lebaran kurban, jadi pasti banyak sekali olahan daging yang dibuat pada hari itu atau setelahnya. Tetapi bagaimana dengan penderita kolesterol atau yang takut kolesterolnya naik saat Idul Adha? Menurut Healthline.com, berikut ini adalah tips makan enak saat Idul Adha agar bebas dari gangguan kolesterol

1. Masak daging dengan rempah-rempah

Herbal dan rempah-rempah adalah sumber nutrisi yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan. Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa bawang putih, kunyit, dan jahe sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jika dimakan secara teratur. Faktanya, makan hanya satu siung bawang putih per hari selama tiga bulan sudah cukup untuk menurunkan kolesterol total sebesar 9%. Selain menurunkan kolesterol, bumbu dan rempah-rempah mengandung antioksidan yang mencegah kolesterol LDL teroksidasi, mengurangi pembentukan plak di dalam arteri.

2. Mengimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Penelitian menunjukkan bahwa mengganti sebagian besar lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat mengurangi kolesterol total sebesar 9% dan kolesterol LDL "jahat" sebesar 11% hanya dalam delapan minggu. Studi jangka panjang juga menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak lemak tak jenuh dan lebih sedikit lemak jenuh cenderung memiliki kadar kolesterol lebih rendah dari waktu ke waktu. Contoh makanan dengan lemak tak jenuh, seperti; lpukat, zaitun, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.

3. Makan lebih sedikit gula tambahan

Bukan hanya lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol. Makan terlalu banyak gula tambahan juga berpotensi meningkatkan kolesterol. The American Heart Association merekomendasikan makan tidak lebih dari 100 kalori (25 gram) gula tambahan per hari untuk perempuan dan anak-anak, dan tidak lebih dari 150 kalori (37,5 gram) untuk pria. Jadi, usahakan setelah makan daging jangan minum minuman manis, sebaiknya ganti dengan air putih atau infused water.

4. Imbangi dengan makan buah dan sayuran

Makan buah dan sayuran adalah cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Buah dan sayuran juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, yang mencegah kolesterol LDL teroksidasi dan membentuk plak di arteri. Usahakan untuk saat mengonsumsi daging juga didampingin dengan olahan sayuran lainnya, seperti salad, bayam, sop dan sebagainya.

5. Makan secukupnya

Jangan sampai saking bersemangatnya metayakan Idul Adha membuat kalap dan ingin makan daging sebanyak mungkin. Ambil lauk secukupnya saja, misalnya sate saja, gulai saja atau rendang saja, makan sepotong atau dua potong dan perbanyak dengan sayuran. Dengan begitu, perut akan terasa lebih nyaman dan makanan yang masuk tidak meningkatkan kolesterol.

Jadi, sekarang sudah tahu, kan, apa saja yang perlu dilakukan agar kolesterol tidak meningkat saat Idul Adha. Yang terpenting ialah menjaga porsi makan, walau banyak makanan yang tersedia anggaplah makan daging sebagai rasa syukur atas kecukupan dengan penuh rasa pengendalian diri.

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading