Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Hidup Sederhana Membuat Orang Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin sering melihat bahwa orang yang hidupnya biasa-biasa saja justru hidupnya lebih nyaman dan bahagia. Ini bukan karena dia tak mampu memiliki kehidupan yang mewah atau membeli barang-barang yang mewah tetapi ini adalah pilihan. Ini ternyata bukan hanya isapan jempol belaka, kesederhanaan membawa ketentaraman lahir dan batin. Seperti yang dilansir dari laman Power of Positivity, menurut sebuah penelitian di Inggris dari tahun 2018, di mana 2.000 orang menjawab pertanyaan tentang penyebab stres dalam kehidupan modern, kecemasan tentang uang memengaruhi sekitar 40% populasi dan sebaliknya orang yang tak terlalu cemas akan hal itu memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Berikut inilah alasan mengapa orang sederhana bikin hidup lebih bahagia.

1. Tidak mengikuti gengsi yang tak ada habisnya

Jika hidup kita terus mebgikuti gengsi yang tak ada habisnya, selain uang yang akan kita keluarkan terus menerus, hidup kita juga akan penuh penderitaan dan ketidakbahagiaan. Dengan bersikap sederhana, kita akan menjalani hidup yang seimbang, tak kekurangan atau tak berlebihan yang jutsru akan membuat hidup jadi lebih nyaman dan tentram.

2. Tak mengikuti standar orang lain

Jika terus membandingkan diri dengan orang lain, hidup kita akan selalu merasa kekurangan dalam segala hal dan tak pernah merasa puas. Dengan membuat konsep bahwa hidup kita punya cara dan selera masing dan tak harus mengikuti orang lain, justru akan membawa pada nilai kebijaksanaan. Hidup juga akan lebih tenang karena tak perlu memerhatikan anggapan atau penilaian orang lain tentang hidup kita.

3. Pikiran yang lebih jernih

Ketika dirimu memiliki banyak barang, itu dapat membebani secara mental, bahkan jika dirimu tidak menyadarinya. Dari tidak dapat menemukan item saat menginginkannya hingga hanya merasa kewalahan memikirkan pengorganisasian, memiliki lebih sedikit hal juga dapat berarti mengurangi beban pikiran.

4. Kepercayaan diri yang lebih besar

Hidup dengan lebih sederhana membuat seseorang tidak khawatir tentang memiliki mobil mewah atau jam tangan yang mahal. Itu artinya tanpa memiliki hal tersebut hidup mereka tetap berjaln tanpa  merasa kekurangan kepercayaan diri. “You start to feel good about yourself, not because of what you own, but just because of who you are.” Allison Fallon.

5. Hubungan yang lebih baik

Ini adalah hal lain yang mungkin tak pernah diduga. Bagaimana orang-orang bersaing setiap haru untuk membuat orang lain terkesan, antara orang yang satu dengan orang yang lain bahkan dari keluarga yang satu dengan keluarga yang lain. Sehingga, dengan hidup sederhana, dirimu tidak akan menjadi sorotan yang berpotensi membuat iri orang lain dengan sesuatu yang dirimu miliki. Dengan begitu, hubungan orang lain juga akan jauh lebih baik.

Hidup sederhana bukan berarti sama sekali tak boleh memiliki barang yang mewah atau barang mahal, namun mereka tahu batasan dan prioritas mana hal-hal lebih penting untuk dipenuhi dalam hidup dan bagaimana semua itu memberi nilai bagi hidup mereka.

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Usia 40 agar Tak Menyesal
Artikel Selanjutnya
7 Hal yang Membuat Hidup Lebih Bermakna