Sukses

Lifestyle

5 Kegiatan Menyenangkan untuk Dilakukan saat Lebaran Idul Adha di Rumah

Fimela.com, Jakarta Besok umat muslim akan merayakan Lebaran Idul Adha, tepatnya yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Hijriah. Meski kita masih dalam suasana pandemi, tetapi ini bukan penghalang untuk tetap merayakan Idul Adha dengan khidmat dan suka cita. Meski lebaran hanya si rumah saja, berikut ini adalah beberapa kegiatan menyenangkan untuk dilakukan.

1. Salat Idul Adha berjemaah

Salat Idul Adha merupakan salah satu kegiatan yang membedakan Idul Adha dengan hari-hari biasa. Untuk itu, salat Idul Adha akan selalu menjadi momen yang tidak ingin kita lewatkan. Karena hanya bisa dilakukan dua kali dalam setahun. Meskipun kita melaksanakan Idul Adha di rumah, kita tetap bisa melaksanakan salat Idul Adha sendiri atau bersama keluarga. Mungkin rasanya tidak akan sama dengan Salat Idul Adha berjamaah di masjid, tapi kita bisa lebih khusyuk dan lebih dekat dengan Ayah, Ibu, dan anggota keluarga lainnya. Jangan lupa untuk saling meminta dan saling memaafkan setelah salat.

2. Makan ketupat bersama keluarga

Salah satu tradisi kita saat lebaran yakni makan ketupat dengan hindangan lebaran, seperti opor, gulai dan rendang. Percaya atau tidak, rasa ketupat bisa dua kali lebih nikmat jika kita makan saat lebaran dan bersama orang tercinta. Makan sambil bercerita tentu menjadi kegiatan yang menambah keintiman keluarga.

3. Mencicipi kue

Kue lebaran yang disimpan Ibu di lemari selama beberapa hari, bisa dibuka! Selain ketupat, kue lebaran juga menjadi makanan favorit saat lebaran. Kegiatan lain yang tentunya sangat menyenangkan saat lebaran adalah mencicipi berbagai macam kue lebaran bersama saudara kita. Biasanya ada naastar, kastengel, lidah kucing dan kue kering lainnya.

 

4. Dekorasi rumah

Sebelum lebaran tiba, kamu dan keluarga bisa mempersiapakan dekorasi rumah yang unik dan cantik untuk menyanbut hari lebaran Idul Adha. Selain mempercantik rumah, dekorasi ini juga bisa dijadikan spot foto bersama keluarga. Lumayan untuk menambah kenang-kenangan selama lebaran dari tahun ke tahun.

5. Melakukan video call dengan keluarga

Di tengah pandemi, Lebaran di rumah membuat kita harus menahan diri untuk bertemu keluarga. Namun jangan sampai hal itu mengganggu momen Idul Adhamu. Kamu bisa melakukan video call dengan Ayah, Ibu, atau anggota keluarga lain yang tidak bisa kamu temui selama Lebaran tahun ini. Saling berkabar dengan orang-orang tersayang selalu menjadi hal menyenangkan dan pengobat rindu.

Meskipun dalam suasana pandemi, bukan berarti kita tidak dapat beraktivitas seperti biasa dan melakukan kegiatan menyenangkan selama lebaran walau di rumah saja. Dan semoga lebaran berikutnya pandemi ini sudah berakhir, sehingga kita bisa berkumpul bersama keluarga dan orang tersayang tanpa rasa takut dan khawatir.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bumbu Tongseng Kambing yang Meresap dan Bikin Daging Empuk
Artikel Selanjutnya
Chef Arnold Bagikan Resep Olahan Daging Gurih saat Momen Idul Adha