Sukses

Lifestyle

Cegah Kolesterol saat Idul Adha dengan Resep Yogurt

Fimela.com, Jakarta Umat Islam di Indonesia hari ini, Selasa (20/7/21) merayakan Idul Adha. Sudah menjadi tradisi, lebaran haji dirayakan dengan memasak makanan berbahan daging.

Hal ini dikarenakan masyarakat akan menerima daging kurban, baik itu daging sapi, kambing, domba, maupun kerbau di lingkungannya. Daging tersebut bisa diolah mulai dari sate, gulai, semur, opor, hingga rendang.

Selain enak, sayangnya hidangan Idul Adha jika dikonsumsi berlebihan berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya kolesterol.

Saat lebaran, masakan yang dihidangkan biasanya mengandung banyak santan dan garam. Ditambah lagi pada momen Idul Adha, hampir setiap sajian berbahan dasar daging.

Untuk meminimalisir terjadinya kolesterol, bisa mengonsumsi yogurt. Sebab, bukan hanya baik untuk sistem pencernaan. Yogurt yang merupakan fermentasi dari susu ini disebut-sebut dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. 

Memiliki kebiasaan mengonsumsi yoghurt cenderung memiliki tingkat trigliserida dan kadar gula dalam darah yang lebih rendah ketimbang orang yang tidak memiliki kebiasaan ini. Tak hanya itu, yoghurt juga mampu menaikkan tingkat HDL (high-density lipoproteins) atau kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Penelitian yogurt

Seperti dikutip dari Healthline, sebuah studi di tahun 2013 mengaitkan konsumsi yoghurt dengan tekanan darah dan kolesterol. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi yoghurt memiliki profil metabolik yang lebih baik.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi dua dosis probiotik sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan probiotik pada yoghurt dipercaya mampu menurunkan kadar LDL.

Yoghurt untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah yoghurt dengan kandungan Lactobacillus acidophilus La5 dan Bifidobacterium lactis Bb12. Kedua probiotik ini merupakan bakteri asam laktat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Membuat Yogurt di rumah

Yoghurt yang tinggi kandungan gulanya tentu saja tidak termasuk jenis yoghurt yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Efeknya malah dapat menjadi boomerang tersendiri bagi kesehatan.

Untuk itu kita bisa membuat yogurt di rumah dengan bahan-banhan sebagai berikut. Pada episode kedua yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 mengangkat topik “Memasak Happy & Healthy Food Bersama keluarga” dengan bintang tamu Healthy Lifestyle Content Creator & Passionate Cook, Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur) yang memberikan tutorial cara membuat DIY Yogurt di rumah yang simple dan sehat. 

Bahan:

1 Liter Susu Hometown Dairy

150 ml natural ready-to-eat yoghurt.

Alat yang digunakan pun adalah alat-alat sederhana yang biasanya digunakan saat memasak.

Cara memasak Yoghurt menggunakan Susu Segar adalah sebagai berikut:

1. Susu Segar Hometown 1L dihangatkan hingga 40 Celcius, lalu api dimatikan

2. Yogurt 100 gr dicampurkan ke dalam panci

3. Masukkan ke jar kaca, lalu tutup jar dengan napkin dan ikat rapat tutupnya dengan karet

4. Simpan jar tersebut di dalam tempat lemari tertutup dengan suhu ruang selama 12-18 Jam

5. Cek Yogurt keesokan paginya jika sudah mengental dan simpan di dalam kulkas.

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bumbu Tongseng Kambing yang Meresap dan Bikin Daging Empuk
Artikel Selanjutnya
Chef Arnold Bagikan Resep Olahan Daging Gurih saat Momen Idul Adha