Sukses

Lifestyle

Penting! Hapus 10 Hal Ini dari Facebookmu demi Keamanan

Fimela.com, Jakarta Saat menggunakan media sosial, penting bagi kita untuk senantiasa mengutamakan keamanan dan keselamatan kita. Jika semua data pribadi kita bisa diakses dan dilihat semua orang di media sosial, seperti Facebook maka kita rentan menjadi target tindak kejahatan. Jangan sampai karena kurang berhati-hati menggunakan Facebook, keamanan dan keselamatan kita jadi terancam.

Ada sepuluh hal yang sebaiknya kita hapus dari Facebook. Tekno Liputan6.com melansir Mirror, Senin (6/6/2016) menyarankan kita untuk menghapus informasi berikut ini dari Facebook. Tujuannya tak lain adalah demi keamanan dan keselamatan kita. Selengkapnya, langsung simak uraiannya di bawah ini, ya.

1. Nomor Telepon

Jangan pernah menaruh informasi nomor telepon pada laman Facebook milikmu. Kenapa? Sebab, kamu bisa jadi sasaran stalker untuk mengganggumu atau melakukan tindak kejahatan kepadamu.

2. Tanggal Lahir

Kenapa tanggal lahir sebaiknya dihapus dari profil Facebook-mu? Alasannya adalah karena tanggal lahir bisa menjadi gerbang pembuka bagi penjahat siber yang ingin mengetahui informasi finansial, seperti rekeningmu di bank. Karena itu, jangan sekalipun memajang informasi tanggal lahirmu di Facebook jika tak ingin uangmu melayang.

3. Pertemanan yang Tidak Dekat

Saatnya untuk kembali menyaring lingkaran dan jejaring pertemananmu di Facebook. Ada baiknya untuk menghapus pertemanan dengan orang-orang yang tidak kamu kenal dengan dekat. 

Seorang profesor psikologi dari Oxford Robin Dunbar mengemukakan, seseorang hanya bisa berinteraksi secara aktif dengan 150 orang saja. Merujuk pada 3.375 pengguna Facebook, ia menemukan bahwa sebagian besar teman di Facebook bukanlah teman dekat. Bahkan, hanya 4,1 persen yang memiliki hubungan saling membutuhkan. Sementara 13,6 persen teman yang ada di Facebook menunjukkan simpati saat pengguna dirundung masalah. Karena itu, pastikan kamu hanya berteman di Facebook dengan teman-teman yang kamu kenal baik sekaligus kamu percayai.

4. Status Hubungan

Status hubungan seperti lajang, menikah, atau cerai sebaiknya tak ditampilkan di Facebook. Khususnya bila kamu tak ingin diganggu dengan orang-orang yang tiba-tiba mengiklankan gaun pengantin atau persewaan gedung resepsi pernikahan, ada baiknya status hubungan dihapus saja dari laman Facebookmu.

5. Informasi Kartu Kredit

Ini jelas-jelas harus dirahasiakan. Jangan tampilkan informasi yang berkaitan dengan kartu kredit. Pokoknya, jangan!

6. Pekerjaan dan Pertemanan dengan Atasan

Bagi kamu yang memang ingin menggunakan Facebook untuk bersantai dan tidak makin menambah beban atau tekanan, hapus informasi terkait pekerjaan. Serta hapus pertemanan dengan atasan. Tujuannya supaya kamu bisa lebih bebas untuk menggunakan Facebook dengan lebih nyaman.

7. Informasi Lokasi

Kapan pun dan di mana pun kamu berada, jangan pernah mengunggah lokasimu di Facebook. Kenapa? Orang asing yang memiliki niat buruk bisa saja berbuat jahat kepadamu. Hanya dengan melihat ke Facebook, mereka bisa menemukanmu. Berbahaya bukan?

8. Tempat dan Waktu Liburan

Mirror menyarankan  tak perlu mengunggah lokasi saat kamu sedang berlibur. Lebih baik kamu mengunggah foto-foto liburan setelah kamu sampai di rumah. Sebab, jika kamu melakukannya kemungkinan orang asing mengetahui bahwa kamu sedang tak berada di rumah. Bisa jadi, rumahmu akan menjadi sasaran kejahatan.

9. Foto Anak atau Anggota Keluarga

Tak sedikit orang yang gemar mengunggah foto anak-anaknya di Facebook. Padahal, jika kamu berteman dengan banyak orang yang tak begitu kamu kenal, mengunggah foto sang anak bisa sangat membahayakan keselamatan mereka.

10. Alamat Sekolah Anak

Jangan pernah unggah informasi kegiatan yang sedang dilakukan anak-anak di Facebook. Hal ini juga bisa membahayakan mereka, sebab bisa saja ada orang yang hendak berbuat jahat memanfaatkan lokasi anak kita.

Nah, saatnya untuk menggunakan media sosial dengan lebih bijak dan aman, ya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Aman Berselancar dengan Instagram untuk Remaja