Sukses

Lifestyle

9 Rekomendasi Novel dengan Tema Persahabatan yang Wajib Dibaca

Fimela.com, Jakarta Novel adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa yang menceritakan suatu cerita dengan narasi panjang berbentuk fiksi maupun non fiksi. Penggemar novel pastinya tahu berbagai genre menarik di dalam setiap bacaan dan terkadang membuat hati ikut tersentuh pada setiap kalimat yang tertuang.

Cerita yang disuguhkan didalam novel juga beragam, salah satunya adalah kisah tentang persahabatan. Jika kamu sudah mulai bosan dengan kisah cinta yang rumit dan menyakitkan, kamu bisa mengubah alur genre bacaan novelmu ke tema-tema yang membahas persahabatan. 

Untuk itu, berikut Fimela.com akan membagikan 9 rekomendasi novel bertema persahabatan yang wajib dibaca. Dilansir dari beragam sumber, simak semua rekomendasinya di bawah ini. 

1. The One and Only Ivan

Novel pertama yang bisa menjadi rekomendasi bacaan dengan tema persahabatan ialah novel yang berjudul 'The One and Only Ivan' karya dari Katherine Applegate. Novel ini merupakan novel fabel terlaris sepanjang masa yang bisa dibaca segala usia. Bahkan orang dewasa pun menikmatinya. Ivan dikisahkan sebagai seekor gorila yang tumbuh besar di sebuah pusat perbelanjaan.

Ia sudah terbiasa bertemu dengan manusia yang melihatnya dari balik kaca tebal, sembari menikmati hidupnya dengan kawan-kawan satwa lain seperti Bob si anjing dan Stella si gajah tua. Tak pernah terpikirkan olehnya asal usul atau habitat aslinya.

Sampai seekor gajah kecil didatangkan dari alam liar dan perlahan membuka mata Ivan tentang kehidupan di luar tempat tinggalnya sekarang. Berkat kisahnya yang menarik, novel ini sudah difilmkan oleh Disney dan rilis tahun 2020 lalu. 

2. Almond

Almond merupakan novel yang ditulis oleh Won Pyung Sohn yang memilih Yunjae, bocah laki-laki pengidap alexithymia sebagai lakonnya. Ini merupakan ondisi khusus tersebut membuat Yunjae tidak bisa merasakan emosi sekecil apapun. 

Suatu hari sebuah tragedi merenggut nyawa nenek dan membuat ibu Yunjae koma. Yunjae yang menjadi satu-satunya korban selamat menjadi bulan-bulanan di sekolah. Namun, di tengah kesulitan hidupya, ia bertemu dengan Gon. Rekan sekolahnya yang berjuluk anak nakal. Keduanya justru membentuk ikatan pertemanan yang menarik untuk diikuti. 

3. A Thunderous Whisper

Novel karya Christina Diaz Gonzalez ini mengambil latar Basque, wilayah utara Spanyol yang jarang dibahas. Novel ini menceritakan kisah tentang persahabatan Ani dan Mathias. Dua bocah yang hidup di masa perang sipil Spanyol tahun 1930-an. 

Meskipun alur ceritanya nampak mudah ditebaik, tetapi ada banyak detail menarik tentang sejarah perang sipil Spanyol yang bisa membuka wawasan. Ditambah dialog yang empowering dan akhir cerita yang menyayat hati, novel ini wajib dibaca sekali seumur hidup. 

4. A Little Life

A Little Life merupakan novel yang akan memberikanmu pengalaman membaca yang tragis. Hal ini karena kisahnya yang menceritakan kehidupan empat kawan yang pindah dari kota kecil ke New York untuk mengadu nasib bersama. Perpindahan tersebut ternyata membawa mereka ke perkara yang lebih besar, mereka sering kehabisan uang bahkan kehilangan arah saat mimpi mereka seakan susah direngkuh. 

Penuh dengan kesedihan dan kemalangan, novel ini bisa jadi pengingat yang realistis tentang cobaan hidup yang bahkan tak berhenti sampai kita sudah ada di posisi yang diinginkan. Novel ini dibuat untuk pembaca dewasa karena cukup suram dan gelap di beberapa bagian. 

5. Of Mice and Men

Satu lagi novel dengan kisah tragis yang tidak kalah mengharukan dari novel sebelumnya, 'Of Mice and Men' karya dari John Steinbeck juga mampu membuatmu tertegun, terutama di bagian akhirnya. George dan Lennie adalah dua sobat yang merantau ke kota lain ketika krisis ekonomi melanda Amerika Serikat di tahun 1930an.

Sebagai perantau, mereka berusaha mendapatkan nafkah dengan bekerja serabutan. Dengan tujuan menabung untuk membeli peternakan sendiri. Namun, suatu peristiwa yang melibatkan Lennie memaksa George mengambil tindakan untuk menyelamatkan sobat dan banyak orang lainnya. 

6. 5 Cm

Kisah ini menceritakan tantang petualangan menuju Mahameru yang membuat kita mengerti arti persahabatan. Diterbitkan pada tahun 2007, novel 5 cm telah dicetak berulang kali dan telah diangkat menjadi film layar lebar. Novel ini juga menceritakan persahabatan yang menyenangkan, magharukan, dan menegangkan.

Perjalanan lima orang sahabat yang bernama Arial, Zafran, riani, Ian, dan Genta. Namun beberapa cerita juga menggambarkan perjalanan mereka yang jenuh dan memutuskan mereka untuk tidak berkomunikasi satu sama lain. Seiring berjalannya waktu mereka memiliki kesibukan masing-masing, dan mereka dikejutkan dengan salah atu temannya yang mengajak untuk mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Nah bagi kamu yang penasaran dengan kisah persahabatan mereka, 5 cm bisa menjadi list untuk membaca.

7. Laskar Pelangi

Gimana ya, rasanya menempuh pendidikan dalam kondisi dan fasilitas yang kurang memadahi? Nah cerita tersebut dapat kamu baca di novel Laskar Pelangi. Salah satu novel best seller karya Andrea Hinata, yang menggambarkan tenatng kisah perjuangan dan persahabatan sebelas anak Belitung dengan gaya bahasa.

Nah sebelas anak Belitung yang disebut sebagai Laskar Pelangi, terbiasa menjalani hari-hari di sekolah dengan keterbatasan tanpa menyerah. Tak hanya itu novel Laskar Pelangi juga menyuguhkan kisah tawa, tangis, dan sedih. Bagi kamu yang menyukai novel persahabatan dengan karya sastra kontemporer, jangan sampai lewatkan novel satu ini.

8. Rahasia Pelangi

Nah, berikut ini salah satun novel persahabatan yang memiliki kisah inspiratif dan tidak boleh kamu lewatkan adalah Rahasia Pelangi. Novel ini menceritakan perjuangan dua orang sahabat, yaitu Anjani dan Rachel dengan aksinya untuk melindungi kelestarian hutan dan ggajah di Riau.

Selain menyuguhkan kisah dengan tema persahabatan, novel ini juga memberikan tema petualangan dengan kisah inspiratif dengan konflik yang menarik. Selain itu kamu dapat melihat sisi kearifan local daerah setempat sehingga kamu dapat melihat daerah terpencl di Riau.

9. Versus

Bagaimana jadinya ketika persahabatan namun terhalang dengan permusuhan dua kampung? Kamu pernah? Nah tidak hanya masalah percintaan, ternyata persahabatan juga dapat terlarang, dalam nove ini menceritakan kisah tiga sahabat yang terhalang dengan permusuhan dua kampung yang berbeda, memiliki dendam tiada akhir.

Akan tetapi 3 sahabat tersebut dianggap sebagai pengkhianat, karena saling berteman satu sama lain. Untuk kamu yang penasaran dengan kisah persahabatan yang terlarang, Versus dapat dijadikan sebagai novel list membaca kamu nih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading