Sukses

Lifestyle

Penelitian Membuktikan, Sok Tahu Jadi Tanda Otak Kurang Cerdas

Fimela.com, Jakarta Salah satu tanda orang-orang berotak cerdas adalah mengetahui banyak hal, itulah yang membuat mereka bisa bertahan dalam persaingan dengan banyak orang dan menjalani berbagai tantangan dalam hidup. Tapi bukan berarti bisa sok cerdas dan sok tahu berbagai hal, jika seperti itu justru sebaliknya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology membuktikan bahwa orang-orang yang sok tahu justru tidak memiliki otak yang cerdas. Justru sebaliknya, orang yang cerdas akan merasa dirinya tidak mengetahui banyak hal. Orang yang tidak takut mengkritik diri sendiri justru cenderung lebih cerdas.

Sok tahu jadi tanda kamu tidak cerdas

Peneliti membandingkan kinerja siswa dalam ujian dengan apa yang mereka pikirkan. Siswa mengikuti tes yang mirip dengan LSAT dan peneliti menemukan bahwa siswa yang dengan nilai yang lebih rendah terlalu melebih-lebihkan nilai mereka, sementara siswa dengan nilai lebih tinggi cenderung berpikir bahwa mereka mendapat nilai lebih buruk daripada hasil sebenarnya.

Orang cerdas menerima kekurangan mereka sendiri dan memahami bahwa selalu ada lebih banyak hal yang bisa mereka pelajari dan ia selalu ingin tahu banyak hal karena merasa pengetahuannya terbatas.

Jadi, jika jangan merasa sok tahu atau sok pintar,karena ternyata orang cerdas yang sesungguhnya justru tidak merasa dirinya punya otak cerdas.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Penelitian, Ini Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2021
Artikel Selanjutnya
Bukti Penelitian, Suami Berbohong 5 Kali Seminggu kepada Istrinya