Sukses

Lifestyle

Memilih Bekerja sebagai Guru dengan Cinta, Bentuk Baktiku untuk Negeri Ini

Fimela.com, Jakarta Punya cerita atau pengalaman tentang rasa rindu kepada kampung halaman, berbagai macam makanan khas daerahmu yang menggugah selera, hingga objek wisata yang bagai surga dunia? Atau punya cara tersendiri dalam memaknai cinta Indonesia? Pada bulan Agustus kali ini, kamu bisa membagikan semuanya dalam Lomba Share Your Stories bulan Agustus dengan tema Cinta Indonesia seperti tulisan yang dikirim oleh Sahabat Fimela ini.

***

Oleh: Bernadetha Setianingrum

Aku adalah seorang tenaga pendidik yang mengajar di bangku sekolah dasar. Bagiku,menjadi guru bukan hanya sebuah pilihan, tetapi juga sebuah panggilan dan pelayanan. Karena aku harus ekstra memberikan pelayanan yang terbaik untuk anak-anak didikku, apalagi mereka adalah anak-anak usia golden age.

Aku  akan berusaha selalu memberikan kesan yang positif, agar kelak aku akan menjadi bagian kenangan yang akan selalu mereka ingat di masa depan mereka. Bukan kenangan yang buruk atau menyedihkan, tetapi kenangan indah.

Tidak berharap menjadi guru idola, hanya sekadar melihat mereka bersemangat dalam belajar dan berkata, "Terima kasih Ibu Deta, aku sudah mengerti," itu merupakan hal yang sungguh luar biasa bagiku.

Sedih sekali dengan keadaan pandemi seperti sekarang. Sudah hampir dua tahun aku sama sekali tidak pernah bertemu muridku secara langsung. Setiap hari, hanya lewat layar virtual aku hanya dapat menyapa mereka dan mendengar sapaat hangat anak-anak, "Selamat pagi Bu Deta." Wow, sebuah pendorong energi untuk mengawali hari yang baru.

 

Menjadi Guru untuk Anak-Anak Didikku

Saat merayakan Hari Kemerdekaan, melihat anak-anak dengan penuh semangat mengikuti beragam kegiatan lomba untuk memeriahkan HUT RI, juga mengikuti upacara bendera walaupun secara virtual, menimbulkan serat kesedihan. Ya Tuhan, kapan pandemi ini segera berlalu agar aku dapat melihat lagi tawa dan canda mereka? Bermain bersama di halaman sekolah, bertukar pikiran tentang banyak hal, melakukan berbagai macam eksperimen seru menceritakan banyak pengalaman yang lucu dan membanggakan, dan masih banyak hal lain yang tak bisa kami lakukan seperti dahulu.

Aku hanya dapat berkata, inilah yang bisa kulakukan untuk kalian, anak-anakku. Bukti cinta dan bakti ibu terhadap negeri. Karena masa depan bangsa ini ada di tangan kalian.

Tugas ibu sangat berat, bukan hanya mengajar, tetapi mendidik dan membentuk kalian dengan karakter yang baik. Mimpiku adalah melihat mereka kelak dapat menjadi pemimpin negeri ini dan membawa perubahan yang semakin baik untuk Indonesia. 

Selamat ulang tahun negeriku, terimalah baktiku untukmu.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading