Sukses

Lifestyle

Vaksinasi Gratis-Bluebag Project, Ini 5 Tanda Cinta IKEA untuk Indonesia

Fimela.com, Jakarta Di bulan kemerdekaan ini, IKEA Indonesia ikut memaknai budaya gotong royong yang menjadi identitas nasional. Terinspirasi dari budaya gotong royong, IKEA Indonesia ikut berpartisipasi dalam mengatasi pandemi Covid-19 lewat program vaksinasi gratis dan Blue Bag Project

IKEA Indonesia telah melakukan vaksinasi kepada seluruh co-worker. Selain itu, IKEA Kota Baru Parahyangan juga menjadi sentra vaksinasi dalam program vaksinasi gratis yang dimulai dari tanggal 2 hingga 27 Agustus 2021. Vaksinasi gratis ini akan diberikan kepada 30.000 warga Bandung Barat yang berusia 12 tahun ke atas.

Inisiatif lain dari IKEA Indonesia adalah Blue Bag Project. Program Blue Bag Project kali ini merupakan upaya IKEA Indonesia mendukung pemerintah dengan mendonasikan seluruh keuntungan dari penjualan tas biru FRAKTA untuk penanggulangan Covid-19.

Periode ini dimulai dari 1 Agustus sampai 1 Oktober 2021. Jadi, dengan membeli FRAKTA, pada saat yang bersamaan pelanggan IKEA sudah turut berpartisipasi dalam melakukan aksi keberlanjutan untuk bumi sekaligus membantu penanganan Covid-19.

Sejauh ini IKEA Indonesia juga terus memberikan kontribusi positifnya untuk Indonesia. Dari memajukan UMKM sampai melestarikan budaya nasional yang dipromosikan ke seluruh dunia, berikut ceritanya;

Produk buatan Indonesia dijual di IKEA seluruh dunia

Di IKEA, banyak produk buatan Indonesia yang didesain dengan standar kualitas IKEA global dan dijual di toko-toko IKEA seluruh dunia. Deretan produk buatan Indonesia tersebut mulai dari sofabed dari seri NYKIL, bantal kursi merah berbentuk hati khas IKEA dari seri FAMNIG HJÄRTA, boneka dinosaurus dan stegosaurus dari seri JÄTTELIK, hingga papan lukis berbahan kayu lunak dari seri MÅLA. Sampai saat ini, sekitar delapan persen produk buatan Indonesia telah berkontribusi di deretan produk yang dipasarkan di seluruh gerai IKEA.

Hal ini juga merupakan bukti bahwa kualitas produk buatan Indonesia bisa disejajarkan dengan kualitas produk dari negara lain. Dengan banyaknya produk buatan Indonesia dijual di IKEA seluruh dunia, IKEA telah ikut serta berkontribusi untuk menggerakan perekonomian dan membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya bahkan hingga mendunia.

 

Adakan kompetisi desain batik untuk lestarikan budaya Indonesia

Batik adalah kerajinan seni tradisional Indonesia dan telah lama dianggap sebagai simbol warisan Indonesia. Hal ini sangat diapresiasi di kalangan lokal dan internasional serta telah ditambahkan ke daftar Warisan Budaya Dunia pada tahun 2009 oleh UNESCO.

Penghargaan IKEA Indonesia terhadap batik, diwujudkan dengan kebijakan perusahaan untuk menyediakan seragam batik untuk dipakai co-worker IKEA Indonesia setiap hari Jumat. Bagi IKEA, seragam merupakan salah satu identitas, termasuk seragam batik ini. Desain batik di seragam co-worker IKEA saat ini berasal dari hasil karya desainer lokal Indonesia dari berbagai universitas yang bersaing pada kompetisi desain motif batik oleh IKEA.

Tahun ini, kompetisi desain pola batik dilakukan kembali. Mahasiswa dari berbagai universitas diundang untuk membuat desain pola batik yang mengusung budaya Indonesia dan tak melepaskan sentuhan IKEA di dalam desainnya. Selain merupakan salah satu upaya IKEA dalam melestarikan budaya lokal Indonesia, kegiatan ini juga merupakan salah satu wadah mahasiswa untuk menjadi bagian dari identitas IKEA Indonesia dengan merancang pola batik sekaligus menumbuhkan rasa cinta Indonesia kepada generasi muda.

 

Ciptakan lingkungan berkelanjutan demi generasi Indonesia yang akan datang

 

Kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan saat ini tengah menjadi perhatian dunia, tidak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan demi terciptanya kehidupan berkelanjutan sangatlah dibutuhkan. 

Melihat kondisi ini, IKEA Indonesia berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan. Upaya yang dilakukan antara lain, penggunaan material ramah lingkungan yang dapat digunakan dalam periode waktu yang cukup lama, pengelolaan limbah makanan yang konsisten dijalankan IKEA, hingga ragam inisiasi sosial. Selain itu, layanan dan operasional toko IKEA juga menggunakan teknologi hemat energi dan recycle water.

 

Dukung pertumbuhan UMKM melalui Teras Indonesia

Untuk mendukung kemajuan perekonomian kreatif dan mempromosikan produk buatan Indonesia, IKEA Indonesia memberdayakan UMKM lokal dengan menyediakan tempat pameran gratis di toko IKEA, yang dinamakan TERAS Indonesia. Melalui program ini, para pelaku UMKM dapat mempromosikan produk buatannya ke seluruh pelanggan yang datang ke toko IKEA. Setiap UMKM terpilih tentunya telah melalui seleksi ketat yang dilakukan oleh IKEA Indonesia dan pemerintah setempat. Ke depannya, program ini akan terus berjalan dan menginspirasi para pelaku UMKM untuk tetap semangat menghadapi tantangan bisnis dan selalu berkarya untuk mengembangkan perekonomian kreatif Indonesia. 

“Berbagai upaya, mulai dari menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, melestarikan budaya nasional, mempromosikan produk buatan Indonesia, mendukung UMKM,  hingga membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 telah kami lakukan. IKEA Indonesia ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut memberikan dampak positif bagi Indonesia melalui produk dan layanan yang kami berikan,” ujar Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally.

Upaya yang telah dilakukan IKEA di atas merupakan perwujudan visi IKEA Indonesia yaitu menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Bagi Anda yang ingin membeli produk Made in Indonesia dari IKEA, atau berpartisipasi dalam kampanye-kampanye sosial IKEA, Anda dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui situs IKEA.co.id.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading