Sukses

Lifestyle

33 Kutipan Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro yang Penuh Makna

Fimela.com, Jakarta 5 cm adalah sebuah novel terbitan di tahun 2005, yang menceritakan tentang sebuah perjalanan yang dilakukan 5 sahabat, yaitu Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta.

Novel karya Donny Dhirgantoro ini, berisi tentang berbagai macam pelajaran yang penuh makna kehidupan, tentang sebuah harapan, impian, cinta, dan persahabatan. Novel ini adalah novel yang laris dan berada di peringkat best seller selama beberapa tahun.

Karena sangat laris, maka novel 5 cm diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar. Dalam novel maupun film, terdapat beberapa kutipan yang memiliki makna kehidupan. Berikut kutipan novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro:

Kutipan Novel 5 cm

1. “Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa.”

2. “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.”

3. “Percaya 5cm di depan kening kamu.”

4. “Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa."

5. "Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri."

6. "Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa."

7. "Keep our dreams alive, and we will survive."

8. “Saya mencintai negeri indah dengan gugusan ribuan pulaunya sampai saya mati dan menyatu dengan tanah tercinta.”

9. “Kita jangan sampai mau diatur oleh keadaan , kalo bisa kita yg mengatur . kita harus selalu jadi kalimat aktif selalu pakai awalan me- , bukan kalimat pasif dengan awalan di-”

10. “Gantungkan keinginan lo 5 cm di depan jidat lo biarkan mengambang, mengambang seakan2 lo meraihnya.”

Kutipan Novel 5 cm

11. “Semua persoalan di dunia pasti ada jalan keluarnya, tapi itu bukan dengan joget.”

12. “Sebaik-baiknya manusia, adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain..”

13. “Tidak ada yang pasti di dunia ini, satu-satunya yang pasti yaitu ketidakpastian itu sendiri”

14. “Yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya.”

15. “Kehidupan adalah 10% yg terjadi pada dirimu dan 90% sisanya adalah bagaimana kamu menghadapinya.”

16. “Sebuah negara tidak akan pernah kekurangan seorang pemimpin apabila anak mudanya sering bertualang di hutan , gunung dan lautan.”

17. “Tidak ada yang pasti di dunia ini, satu-satunya yang pasti yaitu ketidakpastian itu sendiri.”

18. “A life without a risk is a life unlived…”

19. "Ini semua bukan tentang selera, tentang musik, tentang bola, atau apa pun. Itu semua kecil banget dibanding kalo kita bisa menjadi orang yang membuat orang lain bisa bernapas lebih lega karena keberadaan kita di situ." 

20. "Dan semuanya akan tambah indah kalo lo tetap jadi diri lo sendiri, bukan orang lain." 

Kutipan Novel 5 cm

21. "Satu-satunya yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian."

22. "Apa yang lo mau, lo kejar aja,... taruh di kepala lo terus, jangan sampai lepas."

23. "Bukan soal serius atau nggak serius, kalo kita bisa menganggap kritik itu bukan suatu serangan, tapi saran, kita pasti akan tambah yakin."

24. "Kalo kritik itu adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah mengorbankan rasa nggak enaknya sama kita, entah sebagai seorang teman atau rekan kerja, semata-mata untuk apa? ... hanya untuk membuat diri kita lebih baik. Itu aja."

25. "Mahameru itu bukan cuma perjalanan alam, tapi perjalanan sebuah hati."

26. "Sebuah negara tidak akan pernah kekurangan seorang pemimpin apabila anak mudanya sering bertualang di hutan, gunung, dan lautan."

27. "Kehidupan adalah 10% yang terjadi pada dirimu dan 90% sisanya adalah bagaimana kamu menghadapinya."

28. "Mimpi-mimpi Kamu, cita-cita Kamu, keyakinan Kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening Kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa Kamu bisa."

29. "Sebuah kehormatan bagi saya. Saya... Genta telah mendaki Mahameru bersama kalian tercinta... di Tanah Air tercinta ini. Kehormatan ini tidak akan saya lupakan seumur hidup saya."

30. "Suatu kehormatan juga bagi saya dan kehormatan itu buat kita semua... saya Arial, seorang yang sangat mencintai tanah ini."

31. “Juga bagi saya... Arinda, Indonesiaku... saya mencintaimu sepenuhnya."

32. "Saya Zafran, saya mencintai negeri indah dengan gugusan ribuan pulaunya sampai saya mati dan menyatu dengan tanah tercinta ini."

33. "Saya Ian... saya bangga bisa berada di sini bersama kalian semua. Saya akan mencintai tanah ini seumur hidup saya, saya akan menjaganya, dengan apa pun yang saya punya, saya akan menjaga kehormatannya seperti saya menjaga diri saya sendiri. Seperti saya akan selalu menjaga mimpi-mimpi saya terus hidup bersama tanah air tercinta ini. Yang berani nyela Indonesia... ribut sama gue."

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading