Sukses

Lifestyle

Perjuangan Seorang Pemuda yang Kini Jadi Tentara, Setelah 8 Kali Gagal Lolos Seleksi TNI

Fimela.com, Jakarta Menjadi TNI mungkin menjadi sebuah keinginan dan cita-cita bagi sebagian orang. Tak jarang, bahkan ada pula yang rela ikut seleksi berkali-kali hingga berhasil mencapai keinginannya untuk menjadi seorang abdi negara tersebut. 

“Setiap usaha tak akan mengkhianati hasil”. Itulah kalimat yang cocok untuk menggambarkan usaha yang dilakukan oleh pemuda yang satu ini karena setiap usahanya ia lakukan dengan bersungguh-sungguh, dan sudah delapan kali gagal menjadi anggota TNI

Tak sekalipun menyerah, pemuda ini justru semakin semangat berjuang. Hal ini ia lakukan karena orangtuanya telah memberikan restu agar dia bisa berusaha semaksimal mungkin. 

Perjuangannya tak sia-sia, akhirnya semua perjuangan tersebut terbayarkan dengan keberhasilan dirinya yang kini menyandang gelar sebagai prajurit TNI. Kisahnya dibagikan oleh akun Instagram @tentarahitz_ dan sudah ditonton ribuan kali. 

Melansir dari akun Instagram tersebut pada Rabu (1/9), simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daftar TNI 8 Kali

Pemuda yang tak diketahui identitasnya ini membagikan kisahnya saat memperjuangkan mimpinya di dalam video singkat yang dibagikan di media sosial Instagram dengan akun @tentarahitz_. 

Dalam video tersebut, ia menjelaskan bahwa ia telah mendaftar sebanyak delapan kali untuk menjadi prajurit TNI. 

“Daftar yang ke 8x Bismillah, abis gugur dari Bintara AL,” tulisnya dalam narasi di video tersebut.

Akhirnya setelah mengikuti tahap yang kedelapan kalinya, ia lulus dari Parade Panda. Perlu diketahui Parade Panda kegiatan Sidang yang harus dilalui para calon Taruna untuk memenuhi alokasi penerimaan seleksinya. 

Setelah melalui tahap itu, ia harus menjalani perjuangannya sekali lagi dengan melakukan tes pusat agar bisa diterima secara resmi menjadi prajurit TNI. 

“Minta restu sama orangtua sebelum berangkat agar dimudahkan dan diridhoi jadi TNI,” kata pemuda ini dalam video tersebut.

Lulus tahap Tamtama

Setelah meminta restu dari orangtuanya dan mengikuti seleksi tahap tes pusat, akhirnya pemuda ini dinyatakan lulus pendidikan Tamtama, yang merupakan ujian seleksi pangkat ketentaraan.

“Dan Alhamdulillah dinyatakan lulus pendidikan TAMTAMA Gel II,” ungkapnya. 

Dalam video tersebut, terlihat dirinya berlari dan langsung memeluk kaki sang ibu sambil menangis karena merasa terharu atas pencapaian yang telah ia peroleh saat ini. 

Ia mengungkapkan bahwa tak bisa berkata apapun dan hanya bisa melakukan sujud syukur atas keberhasilannya. 

Sekarang jadi Prajurit Tingkat Dua (Prada)

Karena pencapaiannya yang telah berhasil lolos seleksi TNI, akhirnya ia menjalani masa pendidikannya dengan melakukan latihan perang dan sudah berhak menggunakan seragam TNI. 

“Masa pendidikan latihan perang,” tulisnya ketika menunjukkan foto dirinya berseragam loreng dalam video tersebut. 

Pemuda itu juga mengatakan bahwa ketika ia mendapatkan masa Izin Berlibur (IB), ia tak bisa kemana-mana dan hanya diperbolehkan di Depo Pendidikan (Dodik) saja karena situasi saat ini masih di tengah pandemi Covid-19. 

Setelah melalui perjalanan panjang dan masa pendidikan yang tak sebentar, akhirnya ia resmi dilantik menjadi Prajurit Tingkat Dua (Prada). 

“Kalian yang daftar harus semangat, tidak ada perjuangan yang sia-sia,” tutupnya.

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Kali Gagal, Tukang Parkir Gigih Berjuang Hingga Akhirnya Jadi TNI
Artikel Selanjutnya
Demi Menjaga Ibunya, Pemuda Ini Rela Mengubur Impian jadi TNI