Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatasi Kelelahan saat Work From Home

Fimela.com, Jakarta Adanya pandemi Covid-19 membuat sebagian besar masyarakat menerapkan WFH (Work From Home). Beberapa orang tentu saja menyukai konsep ini, akan tetapi tidak sedikit pula yang mengeluh ketika harus bekerja dari rumah. Selain mengalami kendala teknis, masalah kesehatan mental pun kerap muncul.

Jika beban pekerjaan menjadi berlebihan, ini tentu akan membuatmu merasa kelelahan. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa membantumu mengatasi kelelahan saat bekerja dari rumah.

1. Olah Napas

Mengolah napas memang terlihat sepele, akan tetapi ini membawa manfaat yang luar biasa. Jika kamu merasa lelah, cobalah untuk berhenti sejenak dari pekerjaanmu. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan. Lakukan hal ini dengan mata tertutup selama satu menit. Ini membuat saraf menjadi lebih rileks.

2. Beristirahatlah

Gunakan waktu makan siang untuk beristirahat juga. Alih-alih meneruskan pekerjaan, kamu harus memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin. Gunakan waktu istirahat untuk makan siang dan berjalan-jalan di sekitar rumah. Ini bisa membantumu menghindari rasa bosan, dan memberikan pikiran yang jernih untuk mengurangi stres.

3. Dapatkan Udara Segar

Setelah jam kerja selesai, pergi keluar dan jalan-jalan menghirup udara segar bisa kamu lakukan. Udara segar penting untuk tubuh, pikiran dan jiwa.

4. Membuat Batasan

Terlalu banyak pekerjaan membuatmu sulit untuk mendapatkan waktu istirahat jika kamu tidak membuat batasan. Buatlah batasan dengan membagi waktu untuk setiap tugas. Hal ini bisa membantumu mengurangi stres yang berlebihan.

5.  Hindari Multitasking

Mencoba menangani segala hal dalam satu waktu bukanlah ide yang bagus. Cukup fokuslah pada satu tugas pada satu waktu. Selesaikan satu tugas dan barulah kamu dapat mengerjakan tugas baru lainnya. Ini tidak hanya membuatmu menjadi stres, tetapi kamu juga tidak menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Tentunya, ada beberapa hal lain lagi yang dapat membantumu mengatasi lelah selama bekerja dari rumah. Pastikan kamu memiliki ruang kerja sendiri dan jauhkan dirimu dari tempat tidur.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Studi: WFH Bisa Merusak Karier Perempuan, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
3 Mitos tentang WFH yang Paling Banyak Dipercaya