Sukses

Lifestyle

Jaga Kesehatan Mental dengan Berlibur dan Ikut Kelas Self-Healing di SANGHA Retreat

Fimela.com, Jakarta Tak dapat dipungkiri, saat ini isu kesehatan mental seperti menjadi sorotan oleh setiap orang dan sebagian orang pasti mengalami penurunan kesehatan mental selama pandemi masih berlangsung. 

Hal ini dikarenakan selama masa PPKM, mobilitas setiap orang jadi terbatas sehingga setiap orang jadi kesulitan untuk melakukan liburan. Hal ini pula lah yang membuat berbagai sektor pariwisata memutar otak untuk tetap bisa menghadirkan layanan yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masa pandemi ini. 

Salah satunya OCTAVE Institute yang saat ini menghadirkan SANGHA Retreat, yakni layanan kelas kesehatan mental yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi stres yang  kamu alami selama pandemi. 

Dalam hal ini, SANGHA Retreat by OCTAVE Institute menghadirkan program Mindful Living selama 7 malam, yang merupakan kelas kesehatan mental untuk mengeksplorasi batin dan melepaskan stres dari setiap tamu yang mengikuti program tersebut. 

“Saya bersikeras melakukan upaya untuk kebahagiaan setiap orang dengan menggabungkan antara sains barat dengan filosofi tradisional Tiongkok,” ujar Frederick Tsao, selaku Founder sekaligus Chief Program Designer and Mentor dari OCTAVE Institute, dikutip dari keterangan pers, Sabtu (18/9).

Mengenal Mindful Living Program

Dalam laman web resminya, terdapat beberapa kelas kesehatan mental. Namun, Mindful Living Program ini merupakan program kelas yang terbarunya. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan gaya hidup yang lebih sehat, mendukung kebebasan kamu dalam berekspresi, dan meningkatkan kualitas hidup dalam berbagai aspek. 

Mindful Living Program ini dilakukan selama tujuh malam dengan beragam materi yang berpusat pada kesehatan mental, di antaranya: 

  • Latihan berjalan, peregangan yoga, dan pemusatan perhatian yang merupakan praktik perhatian oriental modern
  • Latihan pernapasan, meditasi, dan terapi penyembuhan suara
  • Berbagi pengalaman terkait kebiasaan makan, mulai dari sudut pandang para vegetarian, hingga kebiasaan diet dan sehat dalam kegiatan Mindful Experience
  • Berbagai kelas tentang mindfulness untuk mencapai tingkat kebijaksanaan yang lebih tinggi dalam menjalani hidup.

Menerapkan Kembali Kebiasaan Hidup Lebih Optimal

Dengan adanya program Mindful Living ini, SANGHA Retreat berfokus pada penerapan kembali tujuh kebiasaan hidup setiap orang demi kehidupan yang lebih optimal. Ketujuh kebiasaan itu antara lain makan, bernapas, tidur, bergerak, keheningan, perhatian, serta pengembangan diri. 

Dengan melakukan tujuh kebiasaan hidup yang lebih optimal tersebut, maka dipercaya kamu dapat mencapai tingkat kesejahteraan yang baru dengan hidup yang lebih nyaman dan mencapai kebahagiaan yang sempurna. 

5 Hal yang Menjadi Fokus Utama Mindful Living Program

Selama 7 malam, program ini akan memberikan pengalaman mendalam, di mana tim ahli akan memandi para tamu untuk belajar bagaimana mendengarkan dan mengamati tubuh mereka sendiri dan menerapkan kembali kebiasaan-kebiasaan hidup yang lebih optimal. 

Setiap hari, program ini terdiri dari berbagai kursus perhatian, ceramah, dan diskusi untuk meningkatkan keadaan kebijaksanaan di samping praktik meditasi dalam kelima hal yang menjadi fokus utamanya, antara lain: 

Breaking Boundaries: Menemukan Diri Sejatimu

Program ini akan memandu para tamu ke jalan yang lebih luas dengan menggunakan integrasi dari budaya Timur serta ilmu kuantum Barat. Para tamu akan dapat menemukan diri sejati mereka, menuai kehidupan yang lebih menyenangkan, sehat, dan bebas. 

Group Practices: Menemani dan Interaksi

Dalam kelas ini, para tamu akan melakukan perjalanan yang dilakukan secara berkelompok. Mereka akan berjalan kaki lebih dari 100 km, serta melakukan tantangan meditasi. Para tamu akan membuka pikiran melalui interaksi dengan rekan, dan selangkah demi selangkah akan terhubung kembali dengan tubuh, kesadaran, dan emosinya. 

Energy Exploration: Membangkitkan Kesadaran Batin

Kelas ini akan mengarahkan hidup para tamu ke arah yang lebih positif, dengan menghilangkan kecemasan, mengeksplorasi dan merangsang vitalitas, serta menggali potensi diri melalui latihan pernapasan, meditasi, dan terapi suara. 

Mindful Eating

Dirancang oleh koki Michelin bintang dua, yang menyajikan dan menyediakan rencana makan vegetarian yang disesuaikan, menggabungkan intermittent fasting dan memasak secara mindful. Dalam hal ini, kamu akan diperluas pemahamannya tentang masakan nabati dan memasuki dunia makanan yang berkelanjutan untuk masa depan. 

Mindfulness with Joy

Menjelajahi diri sejati dan refleksi batin dengan menghadiri kelas seni, memasak, dan EQ. Para tamu juga akan memiliki kesempatan untuk mengalami Timewaver, yang memungkinkan mereka untuk lebih memahami sinyal fisik dan mental yang tersembunyi. 

Pada intinya, dengan praktik yang terencana dengan baik, program ini bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan sehari-hari dengan manfaat psikologis paralel yang jelas. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading