Sukses

Lifestyle

Kisah Inspiratif Dokter Lulusan Inggris, Pilih Masuk TNI karena Ingin Mengabdi pada Negara

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup kita memang kerap kali dihadapkan dengan berbagai pilihan yang membuat kita sulit untuk memilihnya. Tak terkecuali urusan karier.

Seperti halnya yang dialami oleh dokter lulusan universitas Inggris, Jason Antoni Wibowo. Demi mengabdi untuk negara, ia rela meninggalkan karier cemerlang dan lebih memilih bergabung dengan TNI.

Letda Ckm dr Jason merupakan dokter lulusan universitas FK UI Internasional. Dia juga lulusan dari Master of Research di Newcastle University Inggris. Setelah menyelesaikan pendidikan kedokteran, ia justru memutuskan bergabung dengan TNI AD.

Alasan bergabung dengan TNI AD

Lewat unggahan video YouTube TNI AD, ia bercerita alasannya bergabung dengan TNI adalah setelah mengikuti bakti sosial (baksos) bersama TNI AD. Saat itu ia bersama TNI melakukan operasi mata katarak gratis di daerah NTT.

"Kenapa saya masuk TNI itu adalah waktu saya mengikuti baksos dengan TNI AD. Di sana kami melakukan operasi katarak gratis untuk masyarakat sekitar di Wini, Nusa Tenggara," cerita dia.

Dari situlah, dr Jason melihat bahwa TNI AD itu memiliki fokus kesehatan yang besar. Menurutnya, mereka dapat menaungi dokter-dokter dan nakes-nakes yang lain untuk bisa berkembang.

Oleh karena itu, dia berpikir kenapa tidak bergabung dengan TNI AD. Apalagi dengan bergabung, dia dapat memperluas pengabdiannya sebagai seorang dokter.

"Saya yang saat itu masih dokter sipil mengapa tidak saya juga bergabung ke TNI AD. Karena dengan saya bergabung ke TNI, saya bisa semakin memperluas pengabdian saya sebagai profesi dokter. Dan juga dapat menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi," lanjutnya.

Ingin mengabdi pada negara

Sebelumnya, ia sempat berkonsultasi dengan beberapa dokter TNI yang ditemuinya ketika bakti sosial. Meski mengetahui ada suka dan dukanya saat menjadi dokter TNI, namun dr Jason tetap yakin pada pilihannya dan mampu bisa melewatinya.

"Saya juga berkonsultasi dengan dokter-dokter yang saya temui waktu saya bakti sosial. Lalu kami bertukar pengalaman. Dari sana saya mulai tertarik. Ya memang ada diceritakan suka dan dukanya. Tapi, saya anggap itu semua perjalanan dari karir saya. Jadi, kalau kita sudah bertekad, sudah berkomitmen, apa pun yang kita hadapi pasti bisa kita lewati,"

Dr Jason berharap dirinya bisa terus mengabdi untuk masyarakat dan negara. Kini, Letda Ckm dr Jason ditugaskan di RSPAD Gatot Subroto dan ditempatkan di ICU untuk membantu menangani COVID-19.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Panduan Praktis untuk Dapatkan QR Code PeduliLindungi bagi Para Pelaku Usaha dan Perusahaan
Artikel Selanjutnya
Viral UMKM Frozen Food Terancam Denda Rp4 M Gegara Jual Makanan Tanpa Izin BPOM