Sukses

Lifestyle

4 Fakta Kisah Kakek Pensiunan Polri yang Jadi Manusia Silver di Jalanan

Fimela.com, Jakarta Sebuah kisah viral gegerkan dunia maya. Kali ini video tersebut mengisahkan tentang seorang satpol PP yang menangkap seorang pria di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dikutip dari Liputan6.com, rupanya kabar yang beredar luas jika pria tersebut yang menjadi manusia silver adalah pensiunan Polri. 

Hal ini tentu menuai haru banyak pihak. Kisah ini juga membuat banyak orang yang menanyakan kebenarannya. Karena jika memang terjadi, tentu saja hal ini membuat hati miris. Rupanya, manusia silver tersebut adalah Agus Dartoni. Sosok 61 tahun ini diamankan satpol PP saat tengah berada di lampu merah. 

Kakek ini terpaksa melakukan hal ini karena himpitan ekonomi. Bahkan ia juga mendapat perhatian dari Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait purnawirawan polri yang ditangkap saat mengamen menjadi manusia silver, Senin (27/9/2021). Lalu, apakah benar ia seorang pensiunan Polri? 

1. Terpaksa jadi manusia silver

Seorang purnawirawan Polri yang menjadi manusia silver diamankan oleh Satop PP Kota Semarang. Bahkan, pengamanan pria bernama Agus Dartono tersebut menjadi viral di media sosial usai diketahui sebagai seorang pensiunan polisi. Hal ini juga diketahui dalam unggahan akun Instagram @jayalah.negriku pada Minggu (26/9/2021).

"Satpol PP Amankan manusia silver di daerah Jawa Tengah. Ternyata setelah diperiksa, manusia silver tersebut adalah Purnawirawan Polri," tulis keterangan dalam akun Instagram @jayalah.negriku

Saat diamankan dan dimintai keterangan, Agus mengaku terpaksa turun ke jalanan dan menjadi manusia silver. Ia pun menyebut hal itu dilakukan karena mengalami kesulitan ekonomi.

2. Tidak ingin merendahkan martabat Polri

Tak sampai disitu saja, saat dimintai keterangan, Agus juga mengaku malu jika harus meminta bantuan pada kerabat ataupun mantan rekan kerja sesama polisi. Hal ini juga diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Iqbal Alqudusy.

"Yang bersangkutan mengaku malu kalau meminta tolong kerabat atau rekan kerjanya," ujar Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Iqbal Alqudusy dalam siaran pers di Semarang, Minggu, dikutip Antara.

Agus juga sempat meminta maaf saat diamankan oleh Satpol PP karena tindakannya. Namun, ia juga berujar tak ada niatan untuk merendahkan martabat Polri saat memilih menjadi pengamen manusia silver di jalanan. Agus Dartono pun diketahui mantan polisi yang sempat berdinas di Poslantas Tembalang dengan pangkat Aipda sebelum pensiun.

3. Mendapat perhatian Kapolda

Viralnya video mengenai purnawirawan Polri yang tertangkap saat mengamen menjadi manusia silver ini juga didengar langsung oleh Kapolda. Bahkan, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi langsung memberikan perhatian kepada pensiunan polisi tersebut.

Dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Senin (27/9/2021) melalui stafnya, Jenderal Bintang Dua tersebut bahkan langsung memberikan bantuan berupa uang tunai serta sembako kepada Agus. Agus juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kapolda atas bantuan yang diberikan.

4. Akan dicarikan pekerjaan

Tak hanya itu saja, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar juga turut menjanjikan akan memberikan pekerjaan untuk Agus hal ini juga diungkapkan oleh Agus melalui video yang diunggah akun Instagram @jayalah.negriku.

"Akpol 99 siap (terima kasih) mau dicarikan kerja. Siap aman ndan, (khilaf) karena enggak punya uang ndan enggak punya kerjaan tapi malu ngomongnya sama pak Waka," kata Agus.

 

 

 

 

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading