Sukses

Lifestyle

Doa Mimpi Buruk dan Amalan Sebelum Tidur yang Menenangkan Hati

Fimela.com, Jakarta Mimpi buruk memang sering kali muncul di malam hari. Mimpi buruk bisa membuat orang menjadi khawatir, ketakutan, sedih dan kepikiran seharian.

Padahal sebenarnya mimpi adalah bunga tidur, yang bisa dilupakan setelah terbangun. Namun sebagian orang merasa kalau mimpi memiliki arti, yang dijadikan sebagai pertanda baik atau buruknya suatu kehidupan dimasa depan.

BACA JUGA: Penyebab Ketindihan Dan Cara Menghindarinya

Saat bermimpi buruk, sebaiknya Sahabat Fimela membaca doa mimpi buruk, dan melakukan amalan sebelum tidur. Berikut doa mimpi buruk dan amalan, dilansir dari Merdeka.com:

Mimpi dalam Hadits

Dalam agama Islam, mimpi memiliki arti tersendiri yang bisa dijadikan sebagai tanda dalam kehidupan. Terkadang mimpi buruk memiliki arti yang baik, walaupun mimpi tersebut sangat mengerikan dan membuat gelisah.

BACA JUGA: Doa Membuat Hati Dan Pikiran Tenang

Arti mimpi juga tertulis dalam sebuah hadits, bahwa mimpi merupakan satu bagian dari 46 bagian kenabian. Hadits tersebut diriwayatkan oleh sahabat Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)

Doa Mimpi Buruk

Kalau kamu sedang bermimpi buru, tak perlu khawatir atau ketakutan terus menerus. Lebih baik persiapkan hati dan pikiran untuk berdoa, agar lebih tenang dan perasaan jadi nyaman.

Doa Rasulullah SAW ini diriwayatkan oleh Ibnu Suni, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi. Adapun bacaan doa mimpi buruk yang diajarkan Nabi Muhammad adalah sebagai berikut:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahû. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya, "Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

Amalan Sebelum Tidur

Agar terhindar dari mimpi buruk, sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Karena Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kepada umatnya, untuk berdoa sebelum tidur. Rasulullah mengajarkan beberapa amalan seperti surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas.

Setelah membaca surat amalan sebelum tidur tersebut, sebaiknya tiup kedua tangan sebanyak tiga kali sebelum diusapkan ke seluruh tubuh, dan bacalah doa sebelum tidur ini:

Bismika rabbi wadla‘tu janbi wa bika arfa‘uhu. In amsakta nafsî farhamha. Wa in arsaltaha fahfazhha bima tahfazhu bihi ‘ibadakas shalihin.

Artinya, "Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh."

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading