Sukses

Lifestyle

Sejarah Hari Perempuan Pedesaan Internasional 15 Oktober 2021: Mengolah Makanan yang Baik untuk Semua

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Perempuan Pedesaan Internasional. Tahun ini, Hari Perempuan Pedesaan Internasional menyoroti tema "Perempuan Pedesaan Mengolah Makanan yang Baik untuk Semua."

Peringatan ini pertama kali dicetuskan oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi mereka 62/136 di tanggal 18 Desember 2007. Peringatan ini mengakui peran penting dan kontribusi perempuan pedesaan, termasuk perempuan adat, dalam meningkatkan pembangunan pertanian dan pedesan, meningkatkan ketahanan pangan dan memberantas kemiskinan pedesaan, seperti dilansir dari unwomen.org.

Perempuan dan anak perempuan pedesan dianggap memainkan peran penting dalam sistem pangan, mulai dari produksi, pemrosesan, penyiapan, konsumsi, dan distribusi pangan, serta dalam mengamankan nutrisi rumah tangga dan masyarakat. Sayangnya, hubungan kekuasaan yang tidak setara antara perempuan dan laki-laki dalam rumah tangga dan masyarakat, norma dan praktik gender yang diskriminatif, kekerasan yang merajalela terhadap perempuan dan anak perempuan, serta bagian mereka yang tidak proporsional dari perawatan dan pekerjaan rumah tangga yang tidak dibayar, menghasilkan akses yang tidak setara terhadap makanan dan meningkatkan kelaparan, gizi buruk, kurang gizi, dan kerawanan pangan.

Terlepas dari kapasitas planet ini untuk menyediakan makanan yang cukup dan baik untuk semua, semakin banyak orang yang tidak mendapatkan makanan dan nutrisi yang cukup. Pandemi COVID-19, bersama dengan krisis iklim dan lingkungan, telah memperparah kerawanan pangan di banyak bagian dunia.

 

 

Hari Perempuan Pedesaan Internasional

Hilangnya pendapatan secara signifikan dan terbatasnya akses ke perlindungan sosial memicu masalah ini. Sekitar 2,37 miliar orang tidak memiliki akses ke pangan yang cukup pada tahun 2020 dan angka ini meningkat hampir 20% atau 320 juta orang hanya dalam 1 tahun.

Perempuan dan anak perempuan pedesaan secara tidak proporsional terkena dampak kerawanan pangan. Agenda Bersama Sekretaris Jenderal PBB menyerukan untuk mengubah sistem pangan, sehingga semua orang memiliki akses ke pola makanan sehat yang berkontribusi pada pemulihan alam, mengatasi perubahan iklim, dan disesuaikan dengan keadaan lokal.

Memastikan perempuan dan anak perempuan pedesaan berpartisipasi dan mendapat manfaat dari transformasi ini, PPB dapat membantu mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, termasuk Nol Kelaparan dan Kesetaraan Gender. Laporan terbaru dari UN Women, Beyond COVID-19: A feminist plan for sustainability and social justice juga menggemakan seruan untuk membangun kembali sistem pangan global yang rusak dari bawah ke atas.

Hari Perempuan Pedesaan Internasional

Ini menegaskan bahwa mendukung produksi tanaman pangan yang beragam dan sehat untuk pasar lokal, nasional, dan regional sangat penting untuk mendukung mata pencaharian perempuan pedesaan dan memastikan ketahanan pangan untuk semua. The Feminist Plan Call menyerukan penguatan kemitraan antara pemerintah dan masyarakat sipil untuk meningkatkan agroekologi yang responsif gender, sebuah alternatif pertanian industri yang menguntungkan petani perempuan skala kecil, mendukung ketahanan pangan, dan melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Di Mali dan Senegal, lebih dari 7.000 perempuan pedesaan dilatih tentang praktik pertanian tahan iklim, energi terbarukan, dan teknologi hemat air. Di Nigeria, lebih dari 2.300 perempuan pedesaan di bidang agribisnis dan koperasi telah didukung untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas operasi mereka dalam rantai nilai beras.

Sedangkan di Uganda, UN Women telah membangun keterampilan dan kapasitas perempuan pedesaan yang bekerja di ekonomi biru. Program ini telah meningkatkan pendapatan bagi lebih dari 80.000 perempuan pedesaan di 7 negara peserta, yaitu Ethiopia, Guatemala, Kirgistan, Liberia, Nepal, Niger, dan Rwanda.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading