Sukses

Lifestyle

Mencintai tanpa Memiliki, Kunci Penting untuk Memulai Hidup Minimalis

Fimela.com, Jakarta Ingin mencoba menerapkan gaya hidup minimalis? Atau sedang memperbaiki kualitas hidup dengan memiliki barang-barang secukupnya dan sesuai kebutuhan? Belum terlambat untuk memulainya dan mencobanya.

Salah satu langkah awal untuk memulai hidup minimalis adalah memahami konsep mencintai tanpa memiliki. Hm, cukup unik ya. Jadi, mengutip buku Seni Hidup Minimalis, menemukan cara untuk "mencintai tanpa memiliki" sesuatu adalah salah satu kunci bagi kehidupan minimalis. Sebagai contoh, saat kita sangat menyukai cappucino bukan berarti kita harus memiliki mesin pembuat cappucino sendiri di rumah. Sebab membersihkan dan merawat mesin pembuat kopi bisa cukup merepotkan, belum lagi jika tak ada cukup tempat yang memadai untuk menyimpannya dengan baik. Maka, dalam kondisi ini mungkin kita tak perlu repot-repot beli mesin pembuat kopi sendiri, sebab kita masih bisa menikmati kopi yang enak di kafe atau kedai kopi favorit kita.

Melawan Keinginan untuk Menghadirkan Tiruan Dunia Luar di Dalam Rumah

"Menerapkan hidup minimalis berarti melawan keinginan untuk menghadirkan tiruan dunia luar di dalam rumah kita sendiri," tulis Francine Jay dalam Seni Hidup Minimalis. 

Kita tetap bisa menikmati berbagai kegiatan tanpa harus memiliki semua barang yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan itu. Tak harus punya home theater untuk bisa menikmati film favorit sebab masih ada bioskop yang bisa kita kunjungi. Tak harus memiliki semua alat olahraga di rumah kalau kita masih bisa pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Untuk bisa menikmati lukisan indah, tak wajib punya koleksi lukisan mahal di rumah.

Pada akhirnya memang pilihan gaya hidup dan kebiasaan hidup kembali pada diri masing-masing. Bagi yang ingin mencoba gaya hidup minimalis, konsep mencintai tanpa memiliki ini bisa dijadikan salah satu patokan untuk panduan awal memulai gaya hidup ini. Semoga info ini bermanfaat, ya.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Perempuan yang Punya Pesona dan Kecantikan Alami
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Rasa Jenuh sebagai Perempuan Dewasa