Sukses

Lifestyle

5 Tips Praktis Mengubah Ruang Sempit Jadi Kamar Tidur yang Luas dan Lebih Nyaman

Fimela.com, Jakarta Menata kamar tidur yang berukuran kecil biasanya cenderung lebih menantang untuk dijaga kerapiannya oleh para pemilik kamar karena keterbatasan ruang. Padahal, kamar tidur adalah ruangan yang diharapkan bisa tetap nyaman karena merupakan tempat kita beristirahat, mengekspresikan diri, ataupun melakukan hobi. 

Namun, jangan khawatir, kamu bisa mengakali kamar tidur yang sempit agar bisa tetap nyaman dengan melakukan beberapa penyesuaian, yakni memilih furnitur dan tata letak yang efektif. 

Kamu perlu menghindari penempatan furnitur di semua sisi kamar, dan pastikan bahwa furnitur yang kamu pilih memenuhi tujuannya dengan baik.

Melansir dari keterangan pers yang Fimela.com terima dari IKEA, berikut tips menata kamar sempit ala IKEA yang bisa kamu praktikkan di rumah jika menginginkan kamar tidur yang lebih nyaman dan terasa lebih luas

1. Gunakan Cat Dinding Warna Putih atau Netral

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam menata kamar sempit adalah penggunaan warna cat dinding. Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang seperti putih, cream, atau pastel.

Warna-warna tersebut merupakan warna dasar yang paling aman dan mudah untuk dipadukan dengan warna serta tekstur perabotan lainnya. Dalam hal ini, ketiga warna tersebut termasuk warna terang yang juga bersifat memantulkan cahaya secara luas dan rata, sehingga kamar tidur akan terasa lebih luas dan terang. 

Selain itu, warna-warna cerah juga memiliki kesan lembut dan cocok untuk orang yang tidak terlalu berani untuk memberikan banyak warna atau gambar pada dinding rumah. 

2. Pilih Rangka Tempat Tidur Klasik

Kasur atau tempat tidur adalah pusat perhatian dari sebuah kamar tidur. Sehingga, penting bagi kamu untuk memilih jenis rangka tempat tidur yang pas, termasuk kain seprai dengan bahan dan warna yang tepat. 

Kamu perlu pintar untuk memilih jenis rangka tempat tidur hingga linen set yang digunakan, dan pastikan warnanya masih senada dengan warna dinding, yakni pilihlah produk-produk dengan warna netral dan cerah.

Tempatkan juga kasur di salah satu dinding agar memberikan ruang lebih dan menjadikan kamar tidurmu tak terlihat sumpek. Rangka tempat tidur dengan gaya klasik, seperti seru TYSSEDAL IKEA bisa menjadi pilihan jika kamu menyukai detail kecil, dan juga menciptakan kesan klasik dan timeless ketika digunakan. 

Ruang di bawah tempat tidur juga bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan barang seperti sepatu, tas, dan peralatan lain. Simpan barang-barang tersebut dalam suatu kotak atau wadah penyimpanan dengan warna senada dengan keseluruhan kamar tidur agar terkesan lebih rapi. 

3. Gunakan Lemari Multifungsi

Alih-alih menggunakan lemari konvensional, kamu bisa menggunakan lemari serbaguna dengan headboard. 

Lemari multifungsi umumnya memiliki kabinet tertutup untuk pakaian atau barang-barang yang tidak ingin terlihat, dan rak untuk barang-barang yang ingin kamu pajang karena cukup menarik untuk dekorasi kamar tidur. 

Maksimalkan ketinggian dinding di kamar tidur agar dapat menciptakan ruang penyimpanan yang efisien dengan memilih tipe lemari dan rak yang ingin kamu gunakan dan menyesuaikannya dengan bentuk ruang kamar serta barang-barang yang kamu miliki.

4. Gunakan Lampu Dinding

Pencahayaan yang pas juga berperan penting untuk menghadirkan kesan nyaman di kamar tidur yang sempit. Ketika siang hari, manfaatkan cahaya ali dari jendela dan lampu yang menempel di langit-langit. Namun, untuk malam hari, kamu bisa menggunakan lampu dinding kecil. 

Dalam hal ini, lampu dinding sangat cocok dengan luas yang terbatas. Selain menjadi penerang, lampu tidur dinding dengan desain cantik juga dapat berfungsi sebagai dekorasi. 

Pilih lampu tidur yang dapat diredupkan sehingga kamu bisa menyesuaikan tingkat pencahayaannya dengan aktivitas yang kamu lakukan.

5. Tambahkan Dekorasi

Yang terakhir adalah menambah dekorasi dengan menempatkan tanaman hias untuk memberikan kesan kamar tidur yang fresh. 

Jika kamu merasa kesulitan untuk merawat tanaman asli, kamu bisa memilih tanaman tiruan, seperti koleksi FEJKA dari IKEA. Ukurannya yang kecil tak akan memakan banyak tempat dan dapat menjadi pilihan praktis untuk menyulap kamar tidur kamu terlihat lebih segar dan cantik. 

Selain itu, kamu juga bisa menyertakan dekorasi yang disesuaikan dengan kesan ruangan yang ingin kamu ciptakan agar senada dengan warna dinding dan furnitur kamarmu. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading