Sukses

Lifestyle

Serunya Berwsiata dengan Tropical Adventure di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang menyukai dunia pendakian, Eiger Adventure kini mengembangkan bisnisnya dengan membangun kawasan ekowisata. Diberi nama Eiger Adventure Land, sebuah area wisata alam yang terletak di kaki Gunung Pangrango, Bogor, Jawa Barat.

“Sejak tahun 2015 EIGER memposisikan diri sebagai brand yang berfokus pada ‘Tropical Adventure’. Dengan adanya EIGER Adventure Land, kami ingin memberikan pengalaman yang menyeluruh bagi Eigerian (konsumen). Jadi, tidak hanya menyediakan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam berkegiatan luar ruang di iklim tropis, namun juga memberikan pengalaman berkegiatan secara langsung,” ujar Ronny Lukito, Chairman PT Eigerindo MPI.

Adapun misi dari EIGER Adventure Land ini adalah membangun pariwisata alam berstandar internasional yang berkontribusi dalam pelestarian alam, mendukung upaya pelestarian budaya, meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan daya tarik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini sejalan dengan 7 pillar utama yang akan menjadi fokus pengembangan EIGER Adventure Land yaitu aspek Ekologi, Etnologi, Ekonomi, Edukasi, Estetika, Etika dan Entertainment.

EIGER Adventure Land direncanakan dapat mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2023, didukung dan dibantu oleh pihak-pihak terkait seperti Kemenparekraf, KLHK, Balai Besar TNGGP, PTPN VIII dan Pemprov Jawa Barat.

 

Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Dengan total area seluas 325.89 Ha, yang terdiri dari lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik PTPN VIII seluas 72.23 ha melalui skema Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Zona Pemanfaatan Barubolang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango seluas 253.66 ha, melalui Perizinan Berusaha Pengusahaan Sarana Jasa Lingkungan Wisata Alam pada kawasan konservasi (PB-PSWA).

EIGER Adventure Land akan menghadirkan beberapa iconic landmark seperti cable car sepanjang 863m, suspension bridge sepanjang 530m dan juga berbagai fasilitas yang menitik beratkan kepada kegiatan tropical adventure seperti forest adventure, cultural walk, adventure playground, traditional village, the sanctuary, hiking, camping, overlanding, dan kegiatan alam lainnya.

“Yang menarik dari EIGER Adventure Land ini adalah suspension bridge yang akan dibangun dengan panjang 530m dan akan menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia. Mohon doa dan dukungannya, semoga jembatan ini dapat terealisasi menjadi jembatan gantung terpanjang dan menjadi kebanggan bagi bangsa Indonesia,” ujar Imanuel Wirajaya, Direktur EIGER Adventure Land.

 

Konsep ekowisata

Berkonsep ekowisata, alam di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang akan menjadi daya tarik utama dari areal wisata alam ini. Langkah-langkah dalam pelestarian lingkungan pun sudah dilakukan sejak awal proses pengembangan kawasan. Di antaranya dengan penanaman pohon endemic di area perbatasan agar kawasan tersebut semakin rindang ketika kawasan mulai dibuka untuk umum.

“Besar harapan kami ekowisata alam EIGER Adventure Land dapat meningkatkan potensi wisata alam Indonesia, khususnya Jawa Barat, baik dari kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kami juga berharap, kawasan ini dapat menjadi inspirasi dalam pengelolaan objek wisata yang selaras dengan pelesatarian alam, pemberdayaan masyarakat sekitar dan peningkatan ekonomi daerah,” tutup Imanuel.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading