Sukses

Lifestyle

Tips Belanja Pintar Ala Mona Ratuliu untuk Kebutuhan Keluarga dan Harian di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Menjalani dan beradaptasi terhadap kehidupan di masa pandemi, tidak hanya kita harus membatas mobilitas dan kontak fisik terhadap orang sekitar, tetapi juga membatasi keuangan. Tentu, kita sebagai masyarakat yang sadar akan finansial, pasti tahu bahwa mengelola keuangan di masa pandemi merupakan hal yang sulit. 

Namun, hal ini bisa kita mulai dengan langkah-langkah kecil, yaitu dengan menghemat kebutuhan belanja, baik keluarga maupun harian. Tak perlu keluar rumah, pada saat ini kita telah disuguhi berbagai layanan digital, seperti pembayaran digital maupun delivery atau belanja online. Tetapi, ada baiknya jika kita dapat mengelola dan menghemat uang belanja harian lebih maksimal. 

Seperti Mona Ratuliu, seorang artis sekaligus ibu rumah tangga dan juga peminat belanja. Ia mengaku dengan adanya kemudahan dari pembayaran digital, yang hanya tinggal sekali scan, dirinya tak perlu lagi merasa sulit dalam membatasi kontak fisik akibat pembayaran tunai. Tak hanya itu, ia juga telah merasakan keuntungan dan dapat menghemat pengeluaran secara maksimal, dengan adanya promo dan cashback yang disuguhi oleh pembayaran digital. 

Mau tahu tips belanja pintar ala Mona Ratuliu untuk kebutuhan keluarga dan harian. Simak informasinya berikut ini, yang Fimela rangkum dari Konferensi Pers Peluncuran ShopeePay 11.11 Big Deals, yang berlangsung pada Rabu (27/10).

Membiasakan diri untuk rajin mencari tahu

Mona mengaku telah membiasakan diri untuk menggunakan platfrom pembayaran digital untuk kebutuhan hariannya, seperti menggunakan ShopeePay. Mulai dari aktivitas membeli keperluan rumah, kuliner, jajan, hingga menggaji staff, Mona lakukan secara digital. Ia merasa sangat dimudahkan dengan adanya ShopeePay, yang mudah untuk digunakan, hanya tinggal sekali scan.

"Nah, ada satu ketika di mana aku lagi jalan di Jogja, kebetulan di daerah pedalaman. Waktu itu aku mau makan makanan khas Jogja, yaitu Gudeg. Meskipun di daerah yang terpencil sekalipun, para pelaku UMKM ini sudah memakai ShopeePay. Jadi terbukti banget kan kalau pembayaran digital sangat membantu," cerita Mona menjelaskan pengalamannya memakai ShopeePay. 

Tak hanya itu, semenjak menggunakan pembayaran digital ShopeePay, dirinya mengaku menjadi rajin untuk mencari promo maupun cashback untuk menghemat pengeluaran hariannya. Dari mulai belanja makanan hingga belanja di supermarket, Mona mengaku sangat terbantu dan diuntungkan dengan adanya ShopeePay.

"Terutama untuk ibu-ibu seperti aku, promo jadi salah satu faktor penentu dalam berbelanja. Kalau berbelanja pakai Shopeepay, pastinya lebih hemat tuh, apalagi pas kampanye besar-besaran per bulannya. Uang sisanya, jadi bisa buat aku belanja buat yang lain-lain deh. Bahkan, bisa juga kita membantu bisnis UMKM dengan membeli lebih banyak, untuk keluarga maupun orang-orang terdekat," jelas Mona.

Budgeting cermat dan pintar

Sang ibu rumah tangga sekaligus artis papan atas tersebut, mengaku bahwa dengan menggunakan ShopeePay, ia dapat menerapkan budgeting pintar. Hal ini ia lakukan dengan membandingkan transaksi belanja menggunakan uang tunai, dibandingkan dengan menggunakan ShopeePay. Mona menyatakan bahwa dirinya dapat menghemat 10 kali lipat lebih dari biasanya.

"Nih aku bandingkan, riset sendiri, perbandingan bayar tunai dengan pakai ShopeePay. Keseluruhan aku belanja kuliner dari pagi hingga malam, kalau dengan menggunakan tunai, uang aku hanya tinggal Rp 6 ribu. Dibanding dengan menggunakan ShopeePay dan segala promo menariknya, dengan belanja kuliner yang sama, aku masih bisa menyisihkan Rp 66 ribu untuk keperluan yang lain. Jadi hemat banget kan, aku bisa simpan duit tersebut untuk keperluan rumah yang lain," jelas Mona.

Dengan sisa uang Rp 66 ribu tersebut, dapat ia belanjakan kembali untuk keperluan kebersihan dan bahan makanan di rumah, dengan menggunakan Shopee. Tidak hanya itu, ia dapat menikmati promo serta cashback berupa koin dari Shopee, yang dapat ia gunakan kembali untuk keperluan lain.

Self reward

Selain mengedukasi dirinya dengan pembayaran digital dan mengurus segala urusan pemasukan dan pengeluaran, Mona juga tak lupa untuk melakukan self reward. Di tengah masa pandemi, tak terkecuali, semua orang pasti pernah melalui fase stres. Maka dari itu, kita bisa menemukan hal-hal yang kita suka melalui belanja online.

Seperti Mona yang suka melakukan belanja kuliner. Ia mengaku, untuk melepas stres, biasanya ia lakukan dengan belanja makanan atau kuliner. Dengan adanya ShopeeFood dan ShopeePay, belanja kuliner, untuk sekadar jajan kopi atau cemilan sore, dapat Mona lakukan dengan mudah. 

Tak hanya self reward, ia juga turut berbagi kepada orang sekitarnya, untuk mengapresiasi orang tersayang. Seperti berbelanja kopi untuk keluarga dan kerabat, Mona lakukan sebagai tanda sederhana yang bermakna. Tak hanya itu, dengan berbelanja jajan atau makanan lokal, kita telah membantu para pelaku UMKM demi keberlangsungan hidup mereka.

"Meskipun kesannya sederhana, tetapi bermakna loh, karena mereka merasa lebih disayang dan dihargai sama orang sekitar. Kemudian, aku juga usaha, sedikit demi sedikit, agar orang di sekitar aku dapat merasakan langsung dampak positif dari pembayaran digital. Seperti berbelanja melalui para merchant dan pelaku UMKM kuliner di ShopeeFood," cerita Mona.

Dampak positif ini pun telah dirasakan oleh salah satu pelaku UMKM kuliner, yaitu Julius Putranto Komang, yang merupakan pemilik Penyetan Cok. Dengan adanya kampanye dan pembayaran digital oleh ShopeePay, ia merasa terbantu dan diuntungkan dalam menjalani bisnisnya.

"Situasi masa pandemi telah mendorong semakin banyak konsumen beralih ke pembayaran digital. Terlebih dengan adanya promo menarik dan momen-momen khusus seperti kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals yang menjadi daya tarik bagi konsumen untuk bertransaksi lebih besar. Berkaca dari kampanye tanggal cantik ShopeePay sebelumnya, transaksi menggunakan ShopeePay di gerai kami bisa meningkat hingga lebih dari 2x lipat. Hal ini yang memungkinkan kami untuk terus mengembangkan bisnis, sehingga bisa memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap lebih banyak orang," ujar Julius. 

Sahabat Fimela juga dapat merasakan langsung keuntungan dan dampak positif dari pembayaran digital, melalui promo dan cashback yang berlangsung. Kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals oleh Shopee akan berlangsung dari 18 Oktober hingga 11 November mendatang.

 

Penulis: Meisie Cory 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui Manfaat Sehat Bagi Mental dan Fisik dengan Belanja di Supermarket