Sukses

Lifestyle

Magnificent Women - Angkie Yudistia: Perjuangkan Kesetaraan untuk Penyandang Disabilitas

Fimela.com, Jakarta Nama Angkie Yudistia mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Sosoknya yang inspiratif dan berprestasi telah menginspirasi banyak orang.

Angkie Yudistia merupakan seorang penyandang tuli. Meskipun memiliki keterbatasan, ia berhasil membuktikan bahwa penyandang disabilitas memiliki kemampuan yang setara dengan orang lain pada umumnya.

Dengan segenap perjuangan, sederet prestasi telah ia torehkan, salah satunya adalah dengan menjadi finalis Abang None Jakarta 2008. Ia juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial yang terfokus pada hak-hak kaum disabilitas.

Kini, sebagai Staf Khusus Presiden dan Juru Bicara Bidang Sosial, Angkie bertekad untuk mewujudkan kesetaraan bagi teman-teman disabilitas di Indonesia.

 

Berjuang dan Memperjuangkan Hak Sesama Lewat Thisable Enterprise

Angkie telah membuktikan bahwa dirinya mampu melakukan lebih dari sekadar bertahan hidup dengan disabilitasnya. Ia menunjukkan bahwa dirinya berdaya, bahkan ia membuat orang lain berdaya lewat Thisable Enterprise yang didirikannya.

Mendapatkan pekerjaan bukan hal yang mudah bagi seorang Angkie Yudistia. Berbagai penolakan terpaksa ditelannya karena disabilitas yang disandang. Pengalaman itulah yang melatarbelakangi Angkie mendirikan Thisable Enterprise.

Meneruskan semangat Kartini yang berjuang dengan seluruh hidupnya untuk mendapat kesetaraan hak, Angkie menciptakan tempat guna mewadahi dan memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan sesuai bidang keahliannya.

Wadah ini menjadi ekosistem untuk penyandang disabilitas dalam membangun kepercayaan diri, hidup mandiri, dan meningkatkan keterampilan agar menjadi SDM yang mumpuni.

Tengah Perjuangkan Komnas Disabilitas

Upaya Angkie Yudistia dalam memperjuangkan kesetaraan untuk penyandang disabilitas belum berhenti sampai di situ saja. Saat ini, Angkie tengah perjuangkan pembentukan Komnas Disabilitas.

Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2016, seharusnya Indonesia telah membentuk Komnas Disabilitas. Namun, hingga saat ini Komnas ini belum terbentuk juga. Oleh karena itu, saat ini Angkie tengah memperjuangkan agar Komnas ini segera terbentuk.

Bagi Angkie, Komnas Disabilitas ini nantinya akan menjadi sebuah gebrakan yang luar biasa untuk mewujudkan kesetaraan bagi teman-teman disabilitas. Angkie berharap, Komnas Disabilitas ini dapat segera terealisasikan sehingga akan lebih banyak lagi program-program yang dapat mendukung produktivitas dan kesuksesan para teman disabilitas.

Bagaimana menurut Sahabat Fimela? Angkie Yudistia adalah sosok yang menginspirasi. Dengan alasan inilah FIMELA memilih Angkie Yudistia untuk masuk dalam nominasi Magnificent Women di Magnificent 11 Awards. Yuk, pilih Angkie di sini.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading