Sukses

Lifestyle

Doa Mimpi Buruk Agar Tidak Terjadi dan Sunnah dari Rasulullah SAW

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi buruk, yang terasa seperti kenyataan dan membuat pemimpi menjadi ketakutan, khawatir dan kepikiran setelah bangun tidur.

Sebenarnya mimpi adalah bunga tidur, yang merupakan gambaran emosi atau pikiran dari alam bawah sadar, dan akan terlupakan setelah bangun tidur. Tetapi ada sebagian orang yang terus kepikiran tentang mimpi buruk dan takut akan masa depan.

BACA JUGA: Mimpi Gigi Copot Memiliki Arti Buruk Dari Berbagai Aspek

Agar mimpi buruk tidak terjadi, sebaiknya Sahabat Fimela perbanyak doa dan melakukan sunnah dari Rasulullah SAW secara kusyuk. Berikut doa mimpi buruk agar tidak terjadi, yang dilansir dari Liputan6.com:

Doa Mimpi Buruk Agar Tidak Terjadi

Doa yang Pertama

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Doa yang Kedua

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Sunnah dari Rasulullah SAW

1. Meludah ke Kiri Sebanyak Tiga Kali

Jika mengalami mimpi buruk, sebaiknya meludah ke kiri sebanyak tiga kali, seperti sunnah Rasulullah SAW:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali…” (HR. Muslim).

Imam Nawawi juga menjelaskan dalam kitab Al-Adzkar halaman 92, yaitu bisa dengan meniup tanpa mengeluarkan ludah:

“Mimpi yang baik bersumber dari Allah. Dan mimpi buruk datangnya dari setan. Maka barangsiapa bermimpi yang dibenci (mimpi buruk), hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan mohon perlindungan kepada Allah dari setan. Maka sesungguhnya mimpi itu tidak akan membahayakannya” (Muttafaq Alaih)

2. Minta Perlindungan Allah

Agar mimpi buruk tidak terjadi, sebaiknya minta perlindungan Allah dengan membaca doa ta’awudz sebanyak tiga kali seperti sabda Rasulullah SAW dalam hadis lainnya:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“a’udzu billahi minasy syaithanir rajim”Artinya: “aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk”.

3. Tidak Perlu Cerita ke Orang Lain

Sebaiknya mimpi buruk tidak perlu diceritakan ke orang lain, karena bisa menyebabkan orang lain khawatir dan takut akan mimpi tersebut. Ingatlah tentang sabda Rasulullah SAW, yaitu:

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” (HR. Al Bukhari)

Sunnah dari Rasulullah SAW yang Selanjutnya

4. Ubah Posisi Tidur

Agar tidak mengalami mimpi buruk secara berulang, sebaiknya ubah posisi tidurmu berbeda dari posisi semula. Seperti yang dihaditskan dalam Hadits Riwayat Muslim:

"Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula.”

5. Wudhu dan Sholat

Setiap orang yang mengalami mimpi buruk akan merasa khawatir dan ketakutan. Agar hal ini tidak terjadi, lakukan wudhu dan sholat yang bisa menenangkan hati. Rasulullah SAW bersabda:

“Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah.” (HR. Muslim).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading