Sukses

Lifestyle

Layaknya Manusia, Anjing Ini Berjalan Menggunakan Dua Kaki Usai Alami Tragedi Mengerikan

Fimela.com, Jakarta Seekor anjing disabilitas dengan ras Brittany Spaniel bernama Dexter menjadi terkenal karena kemampuannya dalam berjalan menggunakan dua kaki belakangnya seperti manusia. Anjing berusia 6 tahun ini beradaptasi dengan belajar berjalan layaknya manusia usai kehilangan salah satu kaki depannya saat tertabrak mobil.

Awal mulanya, Dexter belum berusia 1 tahun dan sedang keluar dari halaman pemiliknya di Ouray, Colorado. Secara tidak sengaja, ia pun berlari di depan sebuah van dan akhirnya tertabrak cukup parah. Tak lama kemudian, anjing itu ditemukan oleh suami pemiliknya, Tim Pasek dan ia langsung membawanya ke dokter hewan.

Beruntungnya, nyawa Dexter terselamatkan setelah prosedur 45 menit. Namun salah satu kaki depannya harus diamputasi. Setelah mengalami tragedi mengerikan ini, ia pun mulai beradaptasi dengan mengandalkan kedua kaki belakangnya guna berjalan, layaknya manusia.

Pemilik Dexter, Kentee Pasek mengatakan, “Setelah operasi dan rehabilitasi pertamanya di rumah, kami menemukan kaki yang lainnya luka lebih parah dari yang diperkirakan sebelumnya. Sejak saat itu kaki depannya tak mampu menahan beban sehingga Dexter belajar sendiri untuk berjalan tegak,” ujarnya.

Dexter pun mencuri perhatian publik karena mampu berjalan dengan baik menggunakan dua kaki belakangnya. Bahkan ia berjalan cukup tegak seperti manusia, bukan seperti hewan sejenisnya. Berikut rangkuman kisah Dexter yang Fimela rangkum dari Liputan6, Senin (8/11/2021).

Belajar Berjalan Menggunakan Dua Kaki Belakang

Pada awalnya, Dexter bisa berjalan dengan kedua kaki belakangnya ketika dua bulan usai mengalami tragedi kecelakaan yang menimpanya. Saat pemiliknya membawa Dexter keluar di halaman depan, dengan mengejutkan ia berdiri menggunakan kaki belakangnya seperti manusia dan seketika berjalan menuju teras.

Sebenarnya, Kentee dan suaminya khawatir Dexter akan jatuh dan melukai dirinya kembali. Dengan begitu, sang pemilik membelikan Dexter roda khusus agar ia dapat berjalan dengan bantuan roda tersebut. Dexter yang tersisa luka parah setelah kecelakaan itu, mulanya memang menggunakan roda tersebut. Namun suatu hari ia berdiri dengan kaki belakangnya dan diangap tak membutuhkan bantuan roda lagi.

Hal ini tentu membuat pemiliknya terkejut. Kentee Pasek bahkan menghubungi dokter hewan karena terkejut sekaligus khawatir. “Reaksi saya benar-benar kaget dan tidak percaya. Saya menelpon dokter hewan dan menurut dokternya, Dexter lebih aman berjalan tegak jika dia mau tanpa roda dibandingkan berjalan tegak dengan roda terpasang,” tuturnya.

Viralnya Dexter

Ketika Dexter telah beradaptasi untuk berjalan dengan kedua kaki belakangnya, sang pemilik kerap mengabadikan momen Dexter ini. Akhirnya video tersebut di unggah oleh pemiliknya ke media sosial seperti TikTok, Instagram dan lainnya secara teratur. Tak disangka, video yang di posting secara teratur ini pun menjadi viral dengan beberapa diantaranya telah ditonton jutaan kali.

Meski sebagian besar memberikan respon positif pada video Dexter, ada beberapa orang lainnya yang justru menyampaikan keprihatinan terkait ketegangan pada punggung serta kaki belakangnya. Namun, Kentee memberikan bukti bahwa Dexter dengan rutin menjalani pemeriksaan. Sebenarnya, kekhawatiran Kentee memang pada kaki depan yang tersisa karena terlihat sangat lemah dan seringkali menyebabkan Dexter sangat kesakitan.

Bagi pemilik, ia hanya berharap agar Dexter dapat memiliki umur panjang dan bahagia. Mereka pun mendoakan agar anjing kesayangannya tersebut bisa berjalan terus dengan tegak tanpa mengalami kondisi berbahaya seperti perpindahan pinggul. Tak hanya itu, pemilik menyatakan bahwa mereka sangat beruntung memiliki Dexter.

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading