Sukses

Lifestyle

Jaga Privasimu, Ini 4 Hal yang Nggak Seharusnya Kamu Bagikan Melalui Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Meskipun media sosial sangat bagus untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman, kamu dapat dengan mudah berbagi terlalu banyak hal di platform seperti Facebook, Twitter atau media sosial lainnya.

Ada begitu banyak hal yang tidak perlu kamu bagikan pada orang lain melalui media sosial. Hal ini dapat membahayakan privasi dan keamananmu. Lalu apa saja yang tidak perlu kamu bagikan melalui media sosial? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Rencana Perjalanan

Pikirkan dua kali sebelum membual tentang liburanmu. Kamu tidak pernah tahu siapa yang bisa melihat informasi ini dan menggunakannya untuk mengintai rumahmu.

Jika seseorang tahu di mana kamu tinggal dan memiliki niat jahat, mengetahui bahwa kamu akan berada pada jarak yang jauh adalah kesempatan bagi mereka melalukan tindakan kejahatan. Sebagai alternatif yang lebih aman, jangan bagikan detail atau gambar apa pun tentang perjalananmu sampai kamu kembali.

2. Data Lokasi

Selain ponsel cerdasmu yang melacak koordinat GPS, browsermu juga memiliki gambaran umum tentang lokasimu berdasarkan alamat IP dan/atau akun yang kamu masuki. Ini disebut geolokasi, dan sering digunakan di media sosial untuk menandai pos dengan lokasimu saat ini.Sebelum kamu memposting di jejaring sosial apa pun, periksa untuk melihat apakah situs tersebut menambahkan data lokasimu secara otomatis dan menonaktifkannya sebelum memposting.

3. Informasi Pribadi

Beberapa media sosial penuh dengan data berharga bagi orang-orang yang menggunakan media sosial untuk berntidak jahat dengan mencuri indentitasmu di media sosial. Oleh karena itu, kamu harus menghindari berbagi informasi yang digunakan untuk memverifikasi identitas, seperti tanggal lahir lengkap. Jangan pernah membagikan foto SIM, paspor, atau kartu kredit, yang berisi informasi pribadi yang tidak ingin kamu publikasikan.

4. Keluhan Pribadi dan Ocehan

Media sosial bukanlah tempat untuk menyampaikan keluhan pribadi. Jika kamu ingin mengeluh tentang atasan, rekan kerja, atau kerabatmu, media sosial adalah tempat yang buruk untuk melakukannya. Kemungkinan seseorang akan melihatnya dan memberi tahu orang tersebut, yang mengakibatkan situasi menjadi kacau.

Partikan kamu bisa melah dan memilih hal apa saja yang bisa kamu bagikan dan apa yang tidak perlu dibagikan melalui media sosial. Jagalah privasimu dengan membagikan hal-hal dengan bijak.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading