Sukses

Lifestyle

Seseorang dengan Ciri Khas Ini, Punya Kemampuan Mengontrol Emosi yang Baik

Fimela.com, Jakarta Setiap manusia punya emosi. Masing-masing dari kita pernah merasakan berbagai macam emosi dalam keseharian. Hanya saja mungkin di antara kita masih ada yang belum bisa membedakan cara mengontrol emosi yang baik dan tidak baik.

Seseorang yang mampu mengontrol emosi dengan baik punya ciri khas tersendiri. Mengutip buku How to Respect Myself, orang yang mampu mengontrol emosi dengan baik memahami apa, sebesar apa, dan apa dampak emosi yang dirasakannya. Ada penjelasan menarik terkait hal ini. Simak uraiannya di bawah ini, ya.

Mengetahui bahwa Emosi Itu Tidak Terbatas pada Masalah yang Saat Itu Dihadapinya

Orang yang mampu mengontrol emosi dengan baik ditandai dengan pemahaman bahwa emosi itu tidak terbatas pada masalah yang saat itu dihadapinya. "Sebagai contoh, ketika seseorang marah pada bawahannya, ia menyadari bahwa kegusarannya tersebut merupkan kombinasi atas sebuah pengalaman yang dapat dibawa dari masa lalu, situasi saat ini, dan juga kondisi dirinya," tulis Yoon Hong Gyun, seorang dokter kejiwaan dalam buku How to Respect Myself.

Orang yang bisa mengontrol emosi dengan baik tidak akan bertindak sembarangan saat emosi sedang tinggi. Ini merupakan ciri khas yang bisa ditemukan pada orang yang punya kontrol yang baik dalam mengelola emosinya. 

Sebelum membuat sebuah keputusan penting atau melakukan tindakan besar, orang dengan kontrol emosi yang baik akan memastikan gelombang emosinya reda dan stabil lebih dulu. Jadi, tidak tergesa-gesa atau gegabah dalam melakukan sesuatu.

Kalau kamu tipe orang yang masih sering meledak atau marah-marah di depan siapa pun ketika tekanan emosi memuncak, maka kamu belum punya kemampuan mengontrol emosi yang baik. Apalagi kalau kemudian kamu malah membuat orang lain terluka dengan ledakan emosimu, maka kondisi akan terasa semakin buruk saja.

Selalu ada kesempatan untuk bisa terus berproses menjadi pribadi yang lebih dan menata emosi dengan lebih terkendali. Alih-alih langsung berteriak-teriak saat emosi memuncak, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan mengambil ruang untuk diri sendiri agar emosi bisa kembali tenang dan stabil. 

 

#ElevateWomen

Loading