Sukses

Lifestyle

Setelah Menjadi Ibu, Perempuan Umumnya akan Merindukan Ini

Fimela.com, Jakarta Menjadi ibu menghadirkan pengalaman yang pastinya berbeda. Ada banyak pengalaman baru serta tantangan baru yang harus dihadapi. Belum lagi dengan berbagai permasalahan hingga tuntutan sosial yang kerap membuat hidup seorang perempuan penuh dilema.

Setelah menjadi ibu, seorang perempuan umumnya akan merindukan kebebasan. Mengutip buku How to Respect Myself karya psikiater Yoon Hong Gyun, baik ibu yang bekerja maupun ibu rumah tangga sama-sama tidak memiliki kebebasan. "Mereka hampir tidak pernah istirahat dengan tenang atau tidur dengan leluasa sendirian. Mereka sangat menginginkan kebebasan. Mereka ingin menyendiri dan sendirian," tulis dr. Yoon. 

Merindukan Kebebasan

Dalam pengalaman dr. Yoon bertemu dengan para ibu berusia 30-an yang menderita Depresi, ia memaparkan bahwa keluhan para ibu tersebut sama, yaitu ingin sendirian. Ingin kembali memiliki kebebasan dan waktu untuk diri sendiri.

Seorang perempuan yang menjadi ibu umumnya tak punya waktu untuk mengatasi kondisi fisiologis dasarnya karena sibuk mengurus anak. Dimulai ketika sejak hamil, seorang perempuan harus lebih berhati-hati dalam memperhatikan makanannya, waktu tidurnya, kesibukannya, dan banyak hal demi menjaga kondisi kesehatan bayi. 

Merindukan kebebasan dan kesendirian. Mungkin di antara kita yang sudah menjadi ibu paham betul perasaan seperti ini. Terlepas dari kesibukan sehari-hari atau pilihan hidup (seperti memutuskan untuk menjadi ibu bekerja atau ibu rumah tangga), ada perasaan rindu ingin kembali merasakan kebebasan dan melakukan hal-hal yang disukai sendirian.

Memang tidak mudah untuk bisa mendapatkan dan merasakan kembali kebebasan yang diinginkan. Belum lagi dengan peran dan tanggung jawab baru sebagai ibu, rasanya ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan setiap kali ingin meluangkan waktu sejenak untuk menyepi atau menyendiri.

Semoga setelah menjadi ibu kita tetap bisa menjalani peran kita dengan baik, ya. Serta tetap bisa menjaga kesehatan tubuh dan mental dengan baik juga. Kalau memang sedang butuh waktu untuk menikmati kebebasan atau menyendiri sejenak, mungkin bisa dikompromikan dengan pasangan untuk bisa mencari jalan keluar yang tepat. 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Komitmen Indonesia Terhadap Pelibatan Perempuan dalam Proses Penyelesaian Konflik
Artikel Selanjutnya
Melangkah di Tahun yang Baru, Semoga 5 Kebaikan Ini Hadir dalam Hidupmu